KERANGKA ACUAN BULAN BINA KELUARGA 2019


Hai sahabat DEAR PELANGI!
Bulan Juli 2019 adalah Bulan Bina Keluarga (BBK) bagi GKI Di Tanah Papua. Oleh sebab itu di Blog DEAR PELANGI, saya bagikan kerangka acuan BBK agar para sahabat memahami BBK dan melaksanakannya dalam keluarga, jemaat juga Klasis. Semoga dengan pelaksanaan BBK, setiap pribadi dan persekutuan mengalami pertumbuhan ke arah Kristus sebagai Kepala.

KERANGKA ACUAN BULAN BINA KELUARGA JULI 2019
GKI DI TANAH PAPUA

Tema : Datanglah Kerajaan-Mu (Mat 6:10)
Sub Tema : Keluarga GKI di Tanah Papua Bertumbuh dalam Iman, Mandiri dan Sejahtera dalam Persekutuan, Kesaksian dan Pelayanan.

LATAR BELAKANG
Berdasarkan pengakuan GKI, gereja ini adalah sebuah persekutuan. Unit terkecil dari persekutuan tersebut adalah keluarga. Keluarga adalah komunitas basis dalam GKI di Tanah Papua. Kualitas persekutuan itu sangat tergantung dan ditentukan oleh kualitas keluarga. Oleh karena itu, jika ingin kualitas persekutuan GKI itu baik dan terus berkembang, maka keluarga-keluarga dalam gereja ini patut dibina dan terus menerus didorong pertumbuhannya menuju kedewasan dan kepenuhannya di dalam Kristus.

Pembinaan keluarga dalam GKI di Tanah Papua memiliki landasan Alkitabiah dan instituasional. Dasar Alkitabiah mengacu pada Efesus 4:11-16. Pada bagian ini digambarkan orang-orang kudus, yaitu warga jemaat harus diperlengkapi untuk pekerjaan pelayanan dan pembangunan tubuh Kristus sampai mereka mencapai kedewasaan dan tingkat pertumbuhan sesuai dengan kepenuhan Kristus.

Sementara itu, Tata Gereja GKI di Tanah Papua mengisyaratkan pentingnya peran anggota jemaat sebagai imamat am orang percaya. Bab IV pasal 11 tata gereja menyebutkan “anggota-anggota jemaat dipanggil melaksanakan kewajiban mereka berdasarkan imamat am orang percaya dengan membina dan memelihara persekutuan serta melaksanakan kesaksian dan pelayanan kasih baik ke dalam maupun keluar jemaat…”! Dasar institusional ini belum diaplikasikan secara maksimal dalam praksis pelayanan gereja. Memang tak dapat disangkal, bahwa warga jemaat selama ini mendapat perhatian dan dilibatkan dalam berbagai aktivitas pelayanan gereja, namun secara professional mereka belum mendapat pembinaan yang intensif. Akibatnya, bukan saja peran mereka dalam gereja ini belum maksimal karena belum diperlengkapi, tetapi juga belum mengalami pertumbuhan iman. Pada hal masyarakat yang didalamnya warga jemaat menjadi anggotanya sedang dan terus mengalami perubahan, yang menuntut kualitas hidup beriman umat percaya.

Dalam hubungan itu, maka bulan Juli sebagai bulan bina keluarga dalam GKI di Tanah Papua akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membina keluarga-keluarga GKI di Tanah Papua untuk diperlengkapi agar dapat berperan aktif dalam pelayanan dan pembangunan kehidupan bergereja. Pembinaan keluarga ini dapat berjalan dengan baik, maka harapan pembaruan dan pertumbuhan gereja akan dapat diwujudkan.

TUJUAN
Penyelenggaraan bulan bina  keluarga ini bertujuan;

Mendorong pertumbuhan iman anggota jemaat agar mereka mampu memberikan jawaban-jawaban iman atas berbagai tantangan kehidupan.

Memaksimalkan peran serta anggota jemaat dalam pelayanan gereja, baik di jemaat dan klasis maupun pada level sinode.

Membarui pola pelayanan gereja dalam menjawab kebutuhan pelayanan di tengah masyarakat yang terus mengalami perubahan dalam segala aspek kehidupan.

Memperkuat keluarga dalam jemaat sebagai  komunitas basis.

POLA PEMBINAAN
Pembinaan dalam Bulan Bina Keluarga GKI di Tanah Papua berorientasi pada pemberdayaan potensi dan profesi. Di jemaat-jemaat tersedia potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang belum diberdayakan dan dikelola secara maksimal bagi kepentingan pembaruan dan pertumbuhan gereja lokal maupun sinodal. Jika pontensi yang ada pada jemaat diberdayakan, maka berdampak pada pertumbuhan gereja, dan GKI di Tanah Papua akan menjadi sebuah persekutuan yang menyembuhkan (healing community) luka-luka kehidupan dalam gereja maupun di tengah masyarakat.

MATERI
Materi pembinaan mengandung dua aspek berikut ini yaitu Aspek pemberdayaan dan aspek selebrasi.

Pada aspek pemberdayaan dilakukan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada penguatan hidup berjemaat melalui profesi anggota jemaat. Sedang pada aspek selebrasi diselenggarakan pesta-iman keluarga GKI. Yang terakhir ini dilakukan pada akhir bulan keluarga.

Secara rinci materi materi bulan keluarga adalah sebagai berikut:

Aspek pemberdayaan:
Temu-bina profesi: Mama-mama penjual; Tenaga Pengajar (Guru dan Dosen)
Temu bina pasutri pelayan
Bina-iman keluarga  dalam bentuk :
Ibadah setiap pagi atau malam dalam keluarga, Materi panduan ibadah disiapkan.
Ibadah dalam seminggu sekali pada jam 05.00 wit di gereja selama bulan bina keluarga. (tata ibadah terlampir ).
Kunjungan pastoral selama BBK oleh Majelis Jemaat.
Pembinaan keluarga dalam jemaat.( diatur oleh Klasis, Jemaat )
Olah raga (Jalan sehat bersama keluarga) dan Keluarga Peduli Lingkungan (Lomba kebersihan antar wijk/Lingkungan)

Aspek selebrasi:
Temu-saudara keluarga majelis
Temu-saudara keluarga BPK
Temu-saudara keluarga BPAM

PEMBIAYAAN
Pembiayaan kegiatan bulan keluarga diatur sebagai berikut:
Kegiatan pada lngkungan jemaat, klasis dan sinode dibiayai oleh masing-masing lingkungan.
Kegiatan pada lingkungan tertentu yang melibatkan sumber daya dari luar dibiayai oleh lngkungan berkepentingan.

JADWAL KEGIATAN
Kegiatan bulan keluarga berlangsung dari tanggal 1 s/d 31 Juli 2019. Rincian jadwal kegiatan diatur oleh setiap jemaat dan klasis sesuai kondisi masing-masing.


PENUTUP
Bulan Bina Keluarga memiliki nilai strategis dalam rangka pembaruan dan pertumbuhan kehidupan bergereja dalam GKI di Tanah Papua. Bukan saja untuk pertumbuhan iman, tetapi sekaligus memperlengkapi anggota GKI berperan serta dalam pelayanan dan pembangunan gereja ini. Oleh karena itu, masing-masing jemaat dan klasis patut melaksanakan bulan keluarga ini dengan berbagai kegiatan sebagaimana disebutkan di atas. Tuhan Yesus kepala Gereja, di dalam kuasa Roh Kudus, menyertai kita dalam pelaksanaan bulan bina keluarga ini. SELAMAT MELAKSANAKAN BULAN BINA KELUARGA 2019. Tuhan memberkati.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KERANGKA ACUAN BULAN BINA KELUARGA 2019"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

WARISAN IMAN (II Timotius 1:5)

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain

Iklan

Display

Inarticle

Infeed