BERKAT DARI PERSAUDARAAN YANG RUKUN (Mazmur 133:1-3)


Kerukunan adalah dambaan setiap persekutuan. Persekutuan manapun entah keluarga, jemaat maupun masyarakat, semuanya menginginkan kerukunan dalam hidup persekutuan. Tetapi seperti apakah gambaran persekutuan atau persaudaraan yang rukun itu? Mari kita belajar dari Mazmur 133 yang menjadi bagian pembacaan Firman Tuhan bagi kita hari ini.

Mazmur 133 adalah sebuah Mazmur Ziarah. Mazmur ini mengungkapkan tentang kerukunan kekeluargaan dari umat Allah. Ternyata dalam pengalaman hidup beriman, umat Israel selaku umat Allah menyadari bahwa yang terbaik dan terindah adalah apabila saudara – saudara diam bersama dengan rukun. Seperti yang dikemukakan dalam ayat 1 “Sungguh alangkah baiknya dan indahnya apabila saudara – saudara diam bersama dengan rukun.”Dalam ayat 2 dan 3, persaudaraan yang rukun itu diumpamakan dengan : minyak diatas kepala Harun dan embun gunung Hermon  yang menyegarkan. Persaudaraan yang rukun juga disamakan dengan berkat.

Persaudaraan yang rukun disebut seperti minyak yang baik di atas kepala Harun yang meleleh ke janggut dan ke leher jubahnya. Di Israel, minyak menandakan adanya kesukaan dan ketentraman. Minyak ini dikaitkan dengan Harun. Harun adalah seorang Imam. Itu berarti minyak yang dimaksud di sini bukan minyak yang biasa – biasa tetapi minyak urapan atau minyak khusus yang dipakai untuk mengurapi Imam. Pengurapan menandakan penyucian, pengudusan dan pengkhususan Allah bagi orang yang diurapi untuk melakukan pekerjaan Allah.

Pada bagian bacaan ini dikatakan bahwa minyak urapan itu meleleh dari kepala ke janggut lalu ke leher jubah Harun. Itu berarti ada kelimpahan minyak urapan. Dan kelimpahan minyak urapan menunjukan betapa Tuhan berlimpah – limpah memberkati dan menguduskan umat yang diam bersama dengan rukun. Persaudaraan yang rukun itu diberkati oleh Allah dan dikhususkan untuk melakukan pekerjaan – pekerjaan Allah melalui mereka.

Persekutuan atau persaudaraan yang rukun adalah seperti embun gunung Hermon. Embun bermakna kesegaran dan tanda adanya kehidupan. Sedangkan Gunung Hermon adalah sebuah gunung tertinggi di daerah dekat Palestina. Puncak gunung ini ditutupi salju, sehingga selalu ada embun di sana. Kondisi di Gunung Hermon sangat berbeda dengan keadaan di sekitar gunung Hermon yang tandus dan kering. Nah, salju yang mencair dari Gunung Hermon atau embun Gunung Hermon inilah yang biasanya mengalir memberi kesejukan dan kesegaran bagi daerah – daerah sekitarnya yang tandus. Begitulah persaudaraan yang rukun. Persaudaraan yang rukun itu selalu memberi kesejukan, kesegaran dan menjamin hidup tiap – tiap anggota persekutuan bahkan bagi orang – orang diluar persekutuan. Bagi kehidupan persekutuan seperti itulahTuhan berkenan dan Tuhan memerintahkan berkat kehidupan selama – lamanya.

Bagian Firman Tuhan ini mengajak kita untuk mewujudkan kehidupan persaudaraan yang rukun. Itu berarti Keluarga Kristen, Ikatan Persekutuan dan Ikatan Kampung bukan saja menjadi persekutuan yang sekedar ada. Setiap persekutuan yang dibangun atas dasar Yesus Kristus, dipanggil untuk menjadi persekutuan yang menjadi teladan tentang hidup persaudaraan yang rukun. Persekutuan Kristen mestilah menyadari bahwa Allah mengutus persekutuan untuk melakukan pekerjaan – pekerjaan Allah. Melalui aktivitas dalam persekutuan atau ikatan Kampung ini, kita sedang bersaksi tentang Kristus. Tentulah kita tidak menginginkan kesaksian kita menjadi hambar karena kehidupan yang tidak rukun. Jadilah persekutuan yang rukun agar kesaksian kita menjadi manis dan berkenan bagi Allah dan manusia.

Hiduplah saling mengasihi dan rukun agar persekutuan kita mengalami kelimpahan berkat dari Tuhan. Di mana ada kerukunan disitulah tanda – tanda Kerajaan Allah (Surga) dapat kita alami. Sebaliknya dalam kehidupan persekutuan yang tidak rukun, berkelahi, bercekcok, bermusuhan membuat kita mengalami neraka. Manakah yang kita pilih? Surga atau Neraka. Suasana Surga atau Neraka dapat kita alami tergantung pilihan kita mau hidup rukun atau tidak?

Persekutuan dan persaudaraan yang rukun bukan saja membuat anggota – anggota persekutuan mengalami berkat dan merasakan suasana Surga tapi juga orang – orang lain disekitar persekutuan dapat merasakan kesegaran, kesejukan dan berkat bagaikan Embun Gunung Hermon yang mengalir. Dunia kita saat ini mengalami keadaan seperti daerah sekitar Gunung Hermon yang tandus dan kering. Dunia sedang membutuhkan sentuhan – sentuhan rohani yang menyejukan dan menyegarkan. Ikatan Keluarga dan Kampung kita ini dipanggil untuk menjadi embun Gunung hermon bagi dunia disekitar kita. Jadilah persekutuan yang mewujudkan kerukunan adar ada kelimpahan berkat dan kesejukan dalam hidup bersama. Tuhan memberkati

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "BERKAT DARI PERSAUDARAAN YANG RUKUN (Mazmur 133:1-3)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

CIRI - CIRI MENJADI MURID TUHAN (Lukas 22:14-38)

ABOUT ME

Foto saya
Sorong, Papua Barat Daya, Indonesia
Menemukan PELANGI dalam hidup sendiri dan menjadi PELANGI di langit hidup sesama. Like and Subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed