PEMBUKAAN PELAYANAN WANITA KRISTEN (Lukas 2:36-38)


Ada kata – kata mutiara tentang wanita yang bunyinya begini: Kecantikan wanita bukan terletak pada pakaian yang dikenakannya. Bukan pada bentuk tubuhnya, atau cara dia menyisir rambutnya. Kecantikan wanita, bukan pada kehalusan wajahnya. Tetapi kecantikan yang murni, terpancar dari jiwanya. Jiwa yang menyatakan kasih. Jiwa yang setia dalam iman. Jiwa yang berpengharapan. Jiwa yang berada dalam Kristus dan kecantikan itu akan tumbuh sepanjang waktu.

Di dalam bacaan ini, kita berjumpa dengan sosok wanita yang memiliki kecantikan Jiwa. Namanya adalah Hana. Ada 3 catatan tentang Hana dalam teks ini, yaitu:

(1)  Hana adalah  seorang nabi perempuan (Nabiah), namanya berarti penuh anugerah.
(2)  Hana adalah seorang janda yang berumur 84 tahun. Ia hidup bersama suaminya hanya selama tujuh tahun, dan sesudah itu ia menjanda. Hana menjalani hidup dengan tidak meratapi kemalangan nasibnya. Hana tidak mengeluh tentang hidupnya. Mungkin dimata orang lain anugerah dalam kehidupan Hana sudah di ambil Tuhan tapi Hana mengisi hidupnya dengan anugerah dan menjadi berkat. Hana memberi teladan bagaimana seharusnya perempuan Kristen memancarkan kecantikan Jiwanya. 
(3) Hana melayani dan memuliakan Tuhan sepanjang hidupnya. Hana bertekun dalam doa. Doa  Hana membuahkan hasil. Ia berjumpa dengan Yesus di usia lanjutnya. Hana bersaksi tentang datangnya Sang Mesias yang membawa kelepasan bagi Yerusalem.

 Ibu – ibu yang dikasihi Tuhan …
Dari Hana kita dapat belajar beberapa hal penting.
1.  Iman Hana semakin matang ketika Tuhan menambahkan tahun – tahun dalam hidupnya. Iman tidak berhubungan dengan usia maupun status seseorang. Karena itu saat Tuhan menambahkan lagi tahun kehidupan kita pada Tahun yang baru ini maka marilah kita menjadi perempuan Kristen yang semakin matang dalam iman.
2.  Dari sosok Hana kita belajar sebuah kunci dalam kehidupan yaitu Dekat dengan Tuhan. Kedekatan dengan Tuhan inilah yang membuat seseorang dapat bertahan dalam badai kehidupan. Kedekatan dengan Tuhan inilah yang membuat kita peka mendengar suara Roh Kudus dan memahami  rencana Allah bagi kita masing - masing.
3.  Dari Hana kita belajar tentang Kesetiaan. Simeon dan Hana adalah orang-orang yang setia. Mereka tidak kehilangan pengharapan bertemu Mesias, meskipun penantian mereka sudah begitu lama. Mereka tetap setia dalam iman. Hana sangat setia dalam persekutuan dengan Tuhan, bukan hanya sehari Hana berada di Bait Allah tetapi setiap hari. Kitapun diajak untuk setia menjalani hidup dan tanggung jawab sebagai istri, setia bersekutu dalam pertemuan – pertemuan ibadah, setia berjalan bersama Tuhan sepanjang tahun rahmat Tuhan bagi kita.
4. Sosok Hana memberi teladan bagi kita tentang bertekun dalam Doa. Doa adalah kekuatan dan pengharapan kita. Situasi kehidupan kita bisa saja memburuk tapi bersama Tuhan dalam ketekunan Doa kita tak akan terpuruk.
5.  Melalui Hana kita belajar menjadi perempuan Kristen yang rajin dan setia dalam mengembangkan talenta untuk menjadi kesaksian tentang Tuhan bagi banyak orang. Hidup Hana sampai pada usia yang lanjut bukanlah kehidupan yang kosong. Hidupnya berisi karena ia menjadi saksi Tuhan bagi banyak orang. Isilah hari – hari kehidupan kita dengan kebaikan dan berkaryalah dengan talenta – talenta yang Tuhan beri.

Sebagaimana kata mutiara pada awal khotbah tadi bahwa kecantikan sejati seorang wanita adalah kecantikan dari jiwanya. Maka jadilah wanita yang cantik jiwa: 1. Semakin hari semakin matang dalam iman; 2. Dekat dengan Tuhan; 3. Setia dalam iman; 4. Bertekun dalam doa; 5. Mengembangkan Talenta sebagai kesaksian hidup dalam Tuhan. 
Sebuah kata mutiara lain tentang kecantikan berbunyi begini:  
Untuk membentuk bibir yang menawan, Ucapkan kata-kata kebaikan.
Untuk mendapatkan mata yang indah, Carilah kebaikan pada setiap orang yang anda jumpai.
Untuk mendapatkan bentuk badan yang langsing, Berbagilah berkat dengan mereka yang membutuhkan. Berbagilah makanan kepada mereka yang lapar.
Untuk mendapatkan sikap tubuh yang indah, Berjalanlah dengan hikmat. 
Hana telah menunjukan teladan : Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya maka semuanya akan ditambahkan kepadamu (Matius 6:33). Berjalanlah dengan hikmat. Pancarkanlah kecantikan Jiwa dan nikmatilah berkat Tuhan saat kita mengutamakan kerajaanNya. Amin!!!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "PEMBUKAAN PELAYANAN WANITA KRISTEN (Lukas 2:36-38)"

  1. Terimakasih atas renunganya. Sangat membanngun iman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama. Tuhan memberkati dan memampukan kita untuk terus menjadi berkat

      Hapus

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

TATA IBADAH AKHIR TAHUN 1 ( MALAM KUNCI TAHUN)

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain. Visit & subscribe my youtube: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed