PENGANTAR : PEGANGAN PELAYAN IBADAH; 67 KHOTBAH TAHUN 2020


Dalam kasihNya, Tuhan telah pimpin kita dengan selamat memasuki Tahun 2020. Harapan, kerinduan dan impian di tahun 2020 akan diperjuangkan bersama tapak demi tapak perjalanan setiap pribadi. Tak lama lagi kegiatan pelayananpun akan dimulai. Rutinitas kembali menjadi bagian keseharian kita. Tetapi rutinitas bukan sekedar rutinitas. Setiap rutinitas mesti dimaknai dalam spiritualitas kehidupan umat. Setiap rutinitas menjadi bermakna dalam komunitas iman. 

Kali ini pada blog DEAR PELANGI, saya bagikan pengantar untuk Pegangan Pelayan Ibadah : 67 Khotbah  Tahun 2020  yang menjadi wujud GKI Di Tanah Papua berteologi dalam konteksnya. Dengan pegangan ini pula kita memberi makna pada rutinitas pelayanan dan hidup di Tahun 2020. Allah merahmati kita dengan berkat berkelimpahan. 

Latar Belakang
GKI DI TANAH PAPUA (GKI TP) terus melakukan pembenahan penatalayanan dalam lingkup pelayanan ibadah, yaitu “ibadah Minggu”. Pembenahan itu terkait dengan penentuan dan pembagian pokok teks khotbah dan tema-tema utama bulanan sebagai “sinergi Injil ke dalam konteks Papua” dimana GKI TP hadir dalam melakukan tugas dan tanggungjawabnya memenuhi panggilan “tri panggilan gereja”.

Tema-tema utama pelayanan tahunan khusus tahun 2020 yang berlaku di GKI TP berjumlah 12 sesuai dengan jumlah dua belas bulan dalam satu tahun pelayanan. Setiap bulan memiliki sekitar empat atau lebih sub tema. Disebut lebih dari 4 jumlah sub tema setiap bulan, karena setiap bulan tertentu memiliki pelayanan rutin tahunan yang menjadi bagian dari hari raya gerejawi, misalnya Natal 2, Jumat Agung, Paskah 2, Pentakosta 2, HUT PI 5 Februari, HUT YPK 8 Maret, Hut GKI TP 26 OKT, PERJAMUAN KUDUS awal tahun, Paskah, tengah tahun, akhir tahun dan perjamuan sedunia yang juga mendapat perhatian.

Arah kebijakan GKITP pada tahun pelayanan 2020, menurut BPAS periode 2017-2022 akan difokuskan pada aspek “ekonomi, keuangan dan pembinaan”. Aspek dimaksud menjadi “mentalitas pelayanan” yang juga turut diperhatikan. Sehingga, keduabelas tema pelayanan rutin GKI TP diharapkan akan menjadi “daya penggerak” utama yang lahir dari “pelibatan umat atau jemaat” melalui ibadah jemaat yang didalamnya setiap unsur-unsur liturgis ibadah, baik pujian penyembahan, baik doa dan syafat maupun pemberitaan Firman, akan semakin mendasari arah pelayanan tahun 2020 yang sudah dicanangkan tahun 2019 ini. Duabelas tema bulanan GKITP tahun 2020 dimaksud adalah :

Januari, Tema : Tuhan menampakan diri dalam pemeliharaan umat
Februari, Tema : Misi dan Penginjilan di tengah tantangan dunia modern
Maret, Tema: Sengsara dan penderitaan Yesus
April, Tema : Kematian dan Kebangkitan Yesus
Mei, Tema : Kebangkitan ,kenaikan Tuhan Yesus dan Pentakosta
Juni, Tema :  Pentakosta dan Karunia Roh Kudus
Juli, Tema : Keluarga yang takut akan Tuhan
Agustus, Tema : Makna Kemerdekaan Kristen
September, tema : Alam, Manusia, Papua,  berbasis Injil (Teologi)
Oktober, Tema : Gereja dan Reformasi
November, Tema : Gereja dan Pelayanan
Desember, Tema : Dunia Dalam Kasih Karunia Allah (kedatangan dan kelahiran Mesias)

Dari duabelas tema dimaksud diatas, setiap bulan terdapat sekitar 4 hingga 6 sub tema yang dikembangkan dengan azas “solascriptura” dalam konteks pelayanan GKI TP di tanah Papua. Sehingga untuk tahun 2020 jumlah 67 sub tema Alkitabiah dikembangkan lebih lanjut dalam bentuk khotbah yang digunakan dalam pelayanan rutin ibadah Minggu pagi GKITP.

Pelayanan ibadah rutin tahun 2020 di GKI TP menggunakan Kitab Perjanjian Lama sebanyak 11 Kitab, 21 pasal, 21 perikop dan 229 ayat dengan varian sebaran teks Alkitab PL seperti berikut : Jumlah Kitab PL yang digunakan selama tahun 2020 : 11 kitab
Jumlah Pasal PL : 21
Jumlah Perikop PL : 20
Jumlah Ayat : 229
(1)       Kejadian, 1 pasal  ; 1 perikop ;  17 ayat
(2)       Keluaran, 4 pasal  ; 3 perikop ; 49 ayat
(3)       Ulangan 1 pasal ; 1 perikop ;  20 ayat
(4)       Yosua 1 pasal  ; 1 perikop  ; 9 ayat
(5)       Rut 1 pasal ; 1 perikop  ; 7 ayat
(6)       2Samuel 1 pasal; 1 perikop  ; 11 ayat
(7)       MAZMUR 5 PASAL; 5 PERIKOP  : 73 AYAT
(8)       AMSAL 1 PASAL; 1 PERIKOP  ; 8 AYAT
(9)       YESAYA 4 PASAL; 4 PERIKOP  ; 25 AYAT
(10)   YOEL  1 PASAL; 1 PERIKOP  : 4 AYAT
(11)   AMOS  1 PASAL; 1 PERIKOP  ; 6 AYAT

Pada kitab Perjanjian Baru jumlah kitab sebanyak 12, dengan jumlah pasal 39, jumlah perikop 46 dan jumlah ayat 483 dengan sebaran varian teks Alkitab PB, adalah :
JUMLAH KITAB PB YANG DIGUNAKAN SELAMA 2020 : 12 KITAB
Jumlah pasal : 39
Jumlah Perikop : 46  GKI Di
Jumlah Ayat : 483
MATIUS  9 PASAL  ; 13 PERIKOP ; 162 AYAT
MARKUS 3 PASAL  ; 4 PERIKOP  ; 15 AYAT
LUKAS 6 PASAL ;  51 AYAT ; 6 PERIKOP
YOHANES  2 PASAL ; 40 AYAT ; 2 PERIKOP
KISAH PARA RASUL : 3 PASAL ; 51 AYAT ; 3 PERIKOP
ROMA 1 PASAL; 1 PERIKOP  ; 2 AYAT
I KORINTUS 7 PASAL  ; 9 PERIKOP ; 151 AYAT
EFESUS 2 PASAL; 2 PERIKOP  ; 23 AYAT
FILIPI  1 PASAL  ; 2 PERIKOP  ; 17 AYAT
I TIMOTIUS  1 PASAL; 1 PERIKOP ; 8 AYAT
1 PETRUS 2 PASAL  ; 2 PERIKOP  ; 10 AYAT
II PETRUS 1 PASAL; 1 PERIKOP  ; 6 AYAT

Keseluruhan penyusunan khotbah tahun 2020 melibatkan pelayan firman GKI TP yang bertugas di beberapa Klasis, yaitu Klasis Aifat, Klasis Sorong, Klasis Biak Selatan, Klasis Tanah Merah (Depapre), Dosen STT GKI I. S. Kijne, beberapa Pelayan Firman GKI TP dan anggota Tim 10 GKITP.

Tujuan
Dengan berlakunya secara terbuka dan tertib bahan bacaan yang akan digunakan pada ibadah minggu yang berlaku di GKI TP maka penertiban bacaan kitab suci bertujuan :

Pejabat Gereja : Pelayan Firman (Pendeta, Guru Jemaat, Penginjil dan Pengajar-Dosen STT GKI I.S.Kijne) dan pejabat fungsional Penatua, Syamas dan Pengajar Katekisasi dan Guru Sekolah Minggu, serta Badan Pelayan Unsur PAR, PAM, PW, PKB, memiliki dukungan berupa panduan bacaan dalam melaksanakan tugas pelayanan mingguan, khususnya pelayan rutin ibadah ;

Warga jemaat : agar warga GKI di tanah Papua dapat diarahkan, dibimbing, diajarkan, didampingi untuk membaca Firman Tuhan secara tertib melalui Ibadah rutin minggu ;

Ekumenis dan inklusif GKI TP : buku renungan tematik Alkitabiah menjadi buku yang terbuka dan dapat menjadi berkat bagi semua kalangan, baik di kalangan Gereja seazas ataupun gereja aliran lainnya yang mengakui Bapa, Anak dan Roh Kudus adalah Allah yang esa dan kekal.

Capaian  - Output
Penyusun atau Penulis : GKI di tanah Papua mendorong semua pelayan Firman dengan capaian pengalaman masing-masing untuk berkontribusi dalam menulis Khotbah tematik, dengan demikian pengkhotbah dibiasakan untuk membuat persiapan khotbah secra terstruktur dan tertulis.

Sidang Pendengar, Warga Jemaat GKI TP, boleh mengetahui semua teks bacaan yang berlaku untuk pelayanan rutin tahun 2020 khusus untuk ibadah minggu, dan dapat mengakses atau memiliki buku khotbah mingguan.

Kerangka Khotbah
Kerangka khotbah yang dikembangkan disini telah turut mempertimbangkan kaidah normatif berkhotbah sebagaimana ilmu berkhotbah atau homiletika, yaitu suatu susunan isi khotbah akan memperhatikan bentuk khotbah, yaitu bentuk khotbah yang mana yang diikuti, atau dikembangkan, misalnya apakah “khotbah yang dikembangkan itu bersifat tekstual, ekspositori atau tematik”.
Dengan memperhatikan kaidah normatif ilmu berkhotbah dimaksud maka kerangka khotbah GKI TP untuk tahun 2020 dikembangkan struktur khotbahnya sangat ringkas, terdiri dari :
Pendahuluan
Penjelasan teks
Penerapan

Dari struktur khotbah yang amat ringkas ini, diberikan ruang dan kesempatan untuk semua pelayan Firman dan semua pihak yang menggunakan buku khotbah ini untuk lebih memasuki hubungan yang lebih “intim” dengan Tuhan. Tuhan adalah Firman. Merindukan Tuhan sama dengan mencintai Tuhan yaitu dengan membaca Alkitab teratur, membaca secara pribadi dan Bersama keluarga.

Petunjuk Penggunaan Buku
Untuk semua pembaca dan pengguna buku pegangan khotbah bagi pelayanan Ibadah tahun 2020 di lingkungan pelayanan GKITP wajib memperhatikan petunjuk penggunaan buku ini, antara lain :
Wibawa dan Otoritas Firman Tuhan sempurna dan kekal, seorangpun tidak berkuasa untuk menguraikannya. Tetapi kita memiliki keyakinan yang tumbuh dari pengajaran Tuhan Yesus yaitu “Allah adalah Roh barangsiapa menyembah Allah, ia menyembah-Nya dalam Roh dan kebenaran”.

Hari ini dan selamanya siapapun kita sudah dituntun oleh Roh Kudus Allah untuk mengerti kehendak dan hati Tuhan, maka gairah menyusun khotbah ditempatkan pada niat suci ini, yaitu “Roh Kudus menuntun untuk mengerti kehendak Tuhan”. Maka hubungan untuk memasuki ini adalah dengan “berdoa dan menyembah Allah dalam Roh dan Kebenaran”

Buku khotbah GKITP tahun 2020 berisi refleksi setiap individu dan pasti memiliki unsur subyektif karena pengalaman hidup dalam pergulatan iman berbeda dengan pelayan firman yang ada, sehingga buku khotbah ini terbuka dan membuka seluasnya untuk setiap pelayan firman mengembangkannya sesuai konteks pelayanan dimana ia berada. Khususnya pada bahagian ketiga yaitu “Penerapan”.

Buku khotbah ini diharapkan untuk tidak menggunakan secara apa adanya, yaitu seorang pelayan firman membacakan teks khotbah seperti yang terdapat dalam buku dalam suatu ibadah.

Buku khotbah ini boleh dimiliki oleh warga GKI TP, baik oleh Penatua, Syamas, Pendeta, Guru Jemaat, Penginjil, Pengajar, Dosen STT, Mahasiswa STT, Vikaris, Badan Pelayan Unsur PAM, PW, PKB dan anggota Sidi Jemaat. Diharapkan setelah memiliki buku khotbah ini, setiap orang tertib dan teratur melayani Tuhan dan teratur menyukai hadirat Tuhan dengan merindukan dan mencintai persekutuan dan ibadah.

Buku khotbah ini bila hendak dimiliki oleh warga kristiani yang lain, baik diam-diam ataupun terang-terangan maka diharapkan kepada siapapun untuk melakukan komunikasi dengan pihak Badan Pekerja Klasis GKI Setempat dan bila berada di wilayah Jayapura dapat berkomunikasi langsung dengan pihak BPAS GKI di tanah Papua.



Badan Pekerja Am Sinode GKI di Tanah Papua mengharapkan agar semua pihak yang akan menggunakan buku menaruh perhatian juga untuk bagian-bagian yang terkait dengan “kerangka khotbah” dan “petunjuk penggunaan buku” sebagai pemandu dalam mendorong kemajuan pelayanan di aras jemaat, Klasis dan Sinode GKI di Tanah Papua. Tuhan Memberkati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "PENGANTAR : PEGANGAN PELAYAN IBADAH; 67 KHOTBAH TAHUN 2020"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain. Visit & subscribe my youtube: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed