BERAKAR DAN BERTUMBUH DALAM KRISTUS (Kolose 2:6-7)


Pohon yang hidup mesti memiliki akar, batang, daun dan memberi hasil entah buah atau bunga. Berakar, bertumbuh dan berbuah adalah berbeda tapi saling kait mengait satu dengan yang lain. Berakar, bertumbuh dan berbuah adalah tanda bahwa pohon itu hidup. Tak mungkin ada buah kalau tidak ada pertumbuhan. Pertumbuhan itu adalah proses untuk berbuah.

Rasul  Paulus menasihatkan Jemaat di Kolose agar tetap hidup di dalam Kristus. Tetap hidup di dalam Kristus berarti untuk seterusnya dan selamanya tinggal atau berhubungan erat dengan Kristus itu. Bukan hanya dahulu melainkan juga sekarang. Bukan hanya sekarang melainkan juga esok dan selama-lamanya. Sebelumnya Paulus memuji jemaat Kolose yang telah menunjukkan bagaimana mereka hidup tertib dan teguh dalam Kristus (Kol 2:5). Namun Paulus meminta agar keteguhan dan ketetapan hati jemaat dalam Kristus itu dipertahankan.

Jemaat di Kolose sedang berhadapan dengan pengaruh ajaran – ajaran di luar Kristus yang membuat warga jemaat terombang – ambing imannya.  Karena itu Paulus memberi nasihat  agar jemaat tidak boleh terbawa arus. Mereka harus mempertahankan kemenangan iman dalam segala aspek kehidupan, bukan dengan kekuatan sendiri tetapi hidup dalam anugerah-Nya

Paulus memakai dua buah gambaran, yaitu pohon dan bangunan. Jemaat dilukiskan bagai pohon atau bangunan, sedangkan Kristus adalah akar  dan dasar berdirinya bangunan itu. Sebagaimana pohon harus tetap tinggal di tanah tempatnya hidup dan mendapat zat – zat makanan dari akar serta menjadi kuat karena topangan akar  dan sebagaimana bangunan harus tetap tinggal di atas tanah tempatnya berpijak maka begitu juga dengan kita harus tetap tinggal berakar di dalam Kristus dan di bangun  di atas Kristus.

Yesuslah yang menjadi pokok, sumber kehidupan dan motivasi bagi setiap orang percaya. Kita dapat menjalani kehidupan kita bukan semata – mata karena usaha kita tetapi karena Anugerah Allah. Kita dapat berbuah dan menghasilkan karya – karya dalam Pelayanan bukan karena kekuatan, kehebatan dan kepintaran kita tetapi karena Kristus yang bekerja melalui kita.  Karena itu, iman Kristus bukan sekedar  tempelan atau hiasan yg memperindah hidup kita tapi Kristus adalah sumber dan penopang kehidupan. Tanpa Tuhan maka sia – sialah kita. Kehidupan kita dalam Kristus harus  berlangsung terus-menerus. Bukan hanya sekadar kata-kata atau teori belaka melainkan praktek hidup nyata.

Untuk bertumbuh diperlukan respon atau tanggapan yang sama yaitu taat, menurut, bersikap sesuai dengan Firman Tuhan. Ada ketaatan, ada perubahan. Ketaatan membuat kita sehat dan hidup. Ketaatan merupakan ciri utama bagi oran kristen. Apa arti taat?  Taat adalah memilih kehendak Tuhan manakala kita diperhadapkan antara kehendak Tuhan (keinginan Roh Kudus, sesuai dengan FirmanNya) atau keinginan diri sendiri.

Bagaimana kehidupan iman kita di Papua diibaratkan Pohon Sagu. Sagu adalah makanan pokok kita. Semua bagian pohon sagu bisa difungsikan. Daunnya digunakan sebagai atap rumah. Kulit batangnya digunakan sebagai alas tempat berpijak dalam rumah. Pelepahnya digunakan sebagai dinding rumah. Dan isi dari batangnya yaitu tepung sagunya adalah pokok kelanjutan hidup. Pelepah yang besar jika diletakkan di dalam air sungai atau kolam untuk menjadi tempat berlindung ikan – ikan dan juga tempat mencari makan. Bahkan batang sagu yang membusuk menjadi makanan yang bergisi bagi ikan tapi juga menghasilkan ulat sagu yang kandungan gizi dan proteinnya sangat tinggi.

Ada juga ciri pohon sagu yang unik, Walau tumbuhnya di daerah rawa yang gembur dan berair, tapi pohon sagu tidak gampang tumbang/roboh. Pohon sagu adalah satu – satunya pohon di dunia yang tumbuh tegak lurus, jika pohon sagu tumbuh miring maka ia akan gampang tumbang. Jadi ciri khusus pohon sagu adalah Berakar dalam dan tumbuh lurus, tidak miring  atau condong ke kanan dan ke kiri.

Kita harus berakar dalam Kristus agar kita tumbuh lurus ke atas dan hidup dalam pengucapan syukur seperti pohon sagu yang selalu mengarah ke atas, kepada penciptaNya. Karenanya, mari memberikan dampak dan berbuah untuk kemuliaan bagi Tuhan. Tuhan memberkati. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "BERAKAR DAN BERTUMBUH DALAM KRISTUS (Kolose 2:6-7)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

RIWAYAT HIDUP MISSIONARIS OTTOW DAN GEISSLER (Part 2)

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain

Iklan

Display

Inarticle

Infeed