PEMBUKAAN PELAYANAN: GOD IS GOOD ALL THE TIME (Mazmur 105:1-6)

Refleksi di awali dengan aktivitas “KERTAS LILIN”.

Peralatan yang dibutuhkan:

Kertas berbentuk lilin seukuran seperti pembatas Alkitab

Spidol/Pena

 

Langkah – langkah:

a.  Kertas berbentuk lilin dibagikan kepada setiap peserta ibadah

b.  Setiap peserta menuliskan nama dibagian belakang kertas (bagian yang polos)

c.   Kertas – kertas dikumpulkan kembali lalu dibagi secara acak. Pastikan bahwa kertas yang diterima bukan milik sendiri.

d.  Setiap peserta menuliskan satu kata positif di dalam kotak yang tersedia pada gambar lilin

e.  Peserta saling menukar kertas “lilin” secara acak.

f.    Setiap peserta menuliskan satu kata positif “kata yang kedua”

g.  Peserta menukar kembali kertas “lilin” secara acak.

h.  Setiap peserta menuliskan satu kata positif “kata yang ketiga”

i.    Peserta menyerahkan kembali kertas yang diterima sesuai nama yang tertera.

j. Peserta diberikan kesempatan membaca kata - kata positif yang tertera pada kertas "lilin" milik masing - masing.

 

REFLEKSI

Ketika kita berpikir menuliskan satu kata positif pada kertas lilin yang kita terima, itu artinya kita sedang memikirkan kebaikan Allah di hidup kita dan bagi hidup rekan seiman kita. Lilin menjadi simbol komitmen untuk meneruskan cahaya Kebaikan Kristus bagi orang lain. Dalam bacaan kita hari ini, pemazmur menyebutkan bahwa kebaikan Allah itu terbukti bagi bangsa Israel sejak Abraham, Isak dan Yakub. Kebaikan Allah dinyatakan baik saat Israel di Kanaan, di Mesir maupun di padang gurun. Kebaikan Allah dirasakan dalam mujizat – mujizat, penghukuman – penghukuman, tindakan pembebasaan Tuhan, penyertaan dan perlindungan Tuhan bahkan jaminan kebutuhan jasmani (makanan dan minuman). Kebaikan Allah bukan kisah dongeng atau mitos tapi benar – benar dialami dalam perjalanan hidup Israel dari masa ke masa. Oleh sebab itu, pemazmur mengawali mazmur ini pada ayat 1 – 6, dengan mengajak Israel yang disebut pada ayat 6: “anak cucu Abraham, “anak – anak Yakub”. Juga mengajak saya dan saudara untuk memuji – muji Allah dan memberi kesaksian tentang kebaikan Allah. Setiap kata ajakan berakhiran “lah”: “bersyukurlah, serukanlah, perkenalkanlah, bernyanyilah, bermazmurlah, percakapkanlah, bermegahlah, biarlah bersukahati, carilah, dan ingatlah”. Ini adalah ajakan untuk aktif bertindak. Itu berarti puji – pujian atas kebaikan Allah harus direspons dengan sikap hidup dan perbuatan yang nyata.   

 

Hari ini kita akan memulai pelayanan Persekutuan Wanita (PW) dalam jemaat. Kita sudah mengalami kebaikan Allah dalam pelayanan tahun 2020, juga dalam kehidupan setiap keluarga dan setiap pribadi. Meskipun pemazmur berbicara tentang perbuatan Allah di masa lalu tetapi tujuannya adalah agar umat selalu bersyukur di masa kini dan menghadapi masa depan dengan iman tanpa ragu dan khawatir. Mari menjalani aktivitas pelayanan tahun 2021 dengan sukacita: Badan Pelayan melayani dengan setia dan setiap anggota berkomitmen saling memberi energi positif seperti kata – kata positif yang sudah kita terima dalam aktvitas hari ini. Saling memberi energi positif adalah  respons kita mensyukuri kebaikan Tuhan. Meskipun kita tidak mengetahui goncangan apa yang akan terjadi, ujian apa yng menimpa kita dan tantangan seperti apa yang akan kita alami dalam persekutuan atau dalam keluarga dan hidup kita tapi kita tetap mengaminkan: Allah baik di setiap waktu.  Apapun keadaan kita saat ini, Allah itu baik buat kita semua. Percayalah dan jangan tawar hati sebab kita ada dalam rancangan kebaikanNya.

 

God is good all the time. Dalam terjemahan Lagu “God is good all the time” ada beberapa kalimat yang berbunyi: Allah baik setiap waktu. Dalam malam g'lap, t'rang-Nya bersinar. Jangan takut, Ia menuntun. Ia menjagamu selalu. Ia berjanji takkan tinggalkan. Takkan biarkan. Dan firman-Nya pasti. Ia penuhi kita dengan Roh-Nya untuk berdiri dan bersaksi tentang kasihNya. Amin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "PEMBUKAAN PELAYANAN: GOD IS GOOD ALL THE TIME (Mazmur 105:1-6)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

PRIBADI YANG MEMILIKI HIKMAT KRISTUS ( I Korintus 2:6-16)

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Menemukan PELANGI dalam hidup sendiri dan menjadi PELANGI di langit hidup sesama. Like and Subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed