KEUTAMAAN YESUS DALAM PENCIPTAAN DAN KEBANGKITAN (Kolose 1:15-23)

Dalam hubungan pernikahan, kita mau menjadi satu – satunya yang dicintai oleh pasangan. Tidak boleh ada wanita atau pria lain lagi karena diduakan itu sangat menyakitkan. Yesus juga harus menjadi satu – satunya dan utama di dalam hidup kita. Jangan menduakan Yesus. Jangan menjadikan Yesus sebagai ban serep, disaat perlu barulah diingat. Utama artinya terbaik, nomor satu, terpenting, paling penting dan paling pokok. Sedangkan keutamaan artinya keunggulan, keistimewaan.

 

Tema kita dari Kolose 1:15-23 adalah Keutamaan Yesus dalam Penciptaan dan Kebangkitan. Surat Kolose ditulis untuk mengingatkan jemaat Kolose agar tetap hidup di dalam Kristus. Jemaat di Kolose jangan mau dibodohi oleh ajaran-ajaran sesat yang tidak sesuai dengan ajaran Kristus. Jemaat di Kolose harus tahu siapa Yesus dan mengenal Yesus dengan benar. Siapa Yesus yang disampaikan Paulus di sini? Pertama, Kristus adalah gambar Allah yang tidak kelihatan. Allah menyatakan diri dalam Yesus Kristus. Kedua, Yesus Kristus adalah yang sulung, lebih utama dari segala ciptaan. Yesus Kristus adalah Pencipta segala sesuatu dan segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ketiga, Yesus Kristus telah ada sebelum segala sesuatu ada. Keempat, Yesus Kristus adalah Kepala Gereja. Karena itu pemerintahan Kristus harus tampak dalam kehidupan Gereja. Kelima, Yesus mengerjakan karya pendamaian. Mendamaikan manusia dengan Allah, dengan diriNya sendiri. Karya pendamaian dalam kematianNya di Kayu Salib.

 

Sahabatku, Jemaat di Kolose sedang berhadapan dengan pengaruh ajaran – ajaran di luar Kristus yang membuat warga jemaat terombang – ambing imannya.  Ada guru – guru palsu dan pengajar sesat yang sedang mempengaruhi iman warga jemaat di Kolose dengan ajaran yang keliru tentang Yesus. Karena itu Paulus memberi nasihat agar jemaat tidak boleh terbawa arus. Mereka harus mempertahankan kemenangan iman dalam segala aspek kehidupan, bukan dengan kekuatan sendiri tetapi hidup dalam anugerah-Nya. Jika Kristus lebih utama dibanding segala sesuatu, mengapa jemaat Kolose yang telah menjadi pengikut Kristus takluk dengan roh-roh dan tradisi-tradisi yang ada di dunia? Jika Tuhan itu sumber berkat, yang sudah menciptakan ikan – ikan dan meletakkannya dilaut, mengapa untuk mencari di laut atau untuk jualan, untuk usaha kitong pakai pegangan – pegangan lain di luar Yesus.  Paulus menegaskan sesungguhnya “segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia”. Jadi, Kristus harus dijadikan sebagai prioritas dalam seluruh aspek kehidupan pengikut Kristus. Bagi jemaat di Kolose juga kita sebagai orang percaya di masa kini, kita mesti memiliki iman yang teguh. Kita mesti hidup bertumbuh, berakar dan berbuah dalam Kristus. Tetap hidup di dalam Kristus bukan sewaktu – waktu tetapi selama – lamanya. Yesuslah yang menjadi pokok, sumber kehidupan bagi orang percaya. Kita dapat menjalani kehidupan kita bukan semata – mata karena usaha kita tetapi karena Anugerah Allah. Kita dapat berbuah dan menghasilkan karya – karya dalam Pelayanan bukan karena kekuatan, kehebatan dan kepintaran kita tetapi karena Kristus yang bekerja melalui kita.  Karena itu, iman Kristus bukan sekedar tempelan atau hiasan untuk memperindah hidup kita. Tuhan adalah sumber berkat dan kehidupan. Tanpa Tuhan maka sia – sialah hidup kita.

 

Pengenalan tentang Kristus sebagai yang utama akan membawa kita pada hidup yang taat, setia, teguh dan tidak bergeser dari Injil. Seperti batu karang di pantai yang tetap kokoh mesti dihantam gelombang. Iman juga harus teguh pada Yesus. Sakit yang berat atau pergumulan hidup yang sulit akan membentuk kita semakin kuat dalam iman. Kita semua tahu Pohon Sagu. Sagu adalah makanan pokok kita. Semua bagian pohon sagu bisa difungsikan. Daunnya digunakan sebagai atap rumah. Kulit batangnya digunakan sebagai alas tempat berpijak dalam rumah. Pelepahnya digunakan sebagai dinding rumah. Dan isi dari batangnya yaitu tepung sagunya adalah pokok kelanjutan hidup. Pelepah yang besar jika diletakkan di dalam air sungai atau kolam untuk menjadi tempat berlindung ikan – ikan dan juga tempat mencari makan. Bahkan batang sagu yang membusuk dapat menghasilkan ulat sagu yang kandungan gizi dan proteinnya sangat tinggi. Ada juga ciri pohon sagu yang unik. Walau tumbuhnya di daerah rawa yang gembur dan berair, tapi pohon sagu tidak gampang tumbang/roboh. Pohon sagu adalah satu – satunya pohon di dunia yang tumbuh tegak lurus, jika pohon sagu tumbuh miring maka ia akan gampang tumbang. Jadilah seperti pohon sagu yang setiap bagiannya menjadi berkat. Jadi seperti pohon sagu tumbuh lurus, tidak miring atau condong ke kanan dan ke kiri. Kristus adalah yang utama jadi hidup kita juga tumbuh lurus ke atas kepada Yesus, Allah yang bangkit dan hidup, Allah yang sudah naik ke Sorga. Kekuatan iman di dalam Kristus memampukan kita menghadapi kerasnya dan kejamnya dunia.

BESI itu kuat, tapi API mampu meleburkannya
API itu kuat, tapi AIR mampu memadamkannya
AIR itu kuat, tapi AWAN mampu menyerapnya
AWAN itu kuat, tapi ANGIN mampu menolaknya
ANGIN itu kuat, tapi BUKIT mampu menghalanginya
BUKIT itu kuat, tapi MANUSIA mampu menghancurkannya
MANUSIA itu kuat, tapi NAFSU mampu menundukannya
NAFSU itu kuat, tapi IMAN mampu mengalahkannya
Dan bila IMAN KUAT di dalam Yesus maka kita akan tetap kokoh dan teguh. Karena itu, Pelihara dan kuatkanlah Iman kita di dalam Kristus. Amin. Selamat Hari Minggu. Tuhan memberkati.

 

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KEUTAMAAN YESUS DALAM PENCIPTAAN DAN KEBANGKITAN (Kolose 1:15-23)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

BAHASA LIDAH, BAHASA SEHARI - HARI (Artikel)

ABOUT ME

Foto saya
Sorong, Papua Barat Daya, Indonesia
Menemukan PELANGI dalam hidup sendiri dan menjadi PELANGI di langit hidup sesama. Like and Subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed