KUNCI KEBERHASILAN HIDUP (Yohanes 21:1-14)



Ada kata bijak : “pengalaman adalah guru yang terbaik”. Karena itu orang belajar dari pengalaman; bagaimana harus bertindak, bagaimana mesti melakukan sesuatu. Tetapi dalam pembacaan kita ini, ternyata pengalaman saja belum cukup menjadi penentu keberhasilan para murid untuk mencari ikan. Murid – murid Yesus tentunya sangat berpengalaman dalam soal menangkap ikan. Mereka adalah nelayan. Mereka juga tahu betul keadaan danau Tiberias. Namun sepanjang malam itu mereka tidak menangkap apa – apa.

Kemudian Yesus menampakkan diri kepada mereka dan menyuruh mereka : “Tebarkanlah jalamu disebelah kanan perahu, maka akan kamu peroleh”. Ketika para murid melakukan apa yang dikatakan Yesus, mereka berhasil. Mereka memperoleh banyak ikan sehingga tidak dapat menarik jalanya lagi (ay.11). Sebanyak 153 ikan – ikan  besar yang tidak membuat jala menjadi koyak.

Pembacaan kita ini memberi kunci tentang keberhasilan. Keberhasilan bukan ditentukan oleh pengalaman, bukan ditentukan oleh kehebatan atau kepintaran. Keberhasilan bersumber dari Yesus yang menjadi sumber kehidupan kita. Kunci keberhasilan dalam kehidupan adalah taat kepada Yesus. Seringkali ujian ketaatan kepada Yesus melampaui pengalaman, kepintaran dan kehebatan kita. Sebagai manusia kita lebih cenderung mengandalkan pengetahuan kita dan pengalaman kita untuk mencari solusi atas berbagai persoalan kehidupan. Terkadang kita justru menjadi putus asa karena tidak memperoleh hasil memuaskan. Yesus menguji kita apakah kita memilih taat ataukah mengandalkan pengalaman dan pengetahuan kita sendiri? Ketika kita memilih untuk taat dalam iman kepada Yesus maka kita akan mengalami kuasaNya, mujizatNya dan ajaib pertolonganNya.

Bukankah kita semua ingin berhasil? Dalam ketaatan kepada Tuhan kita dapat mengalami keberhasilan. Namun ingatlah, keberhasilan dalam Tuhan bukan saja tentang berhasil memperoleh sesuatu, berhasil mencapai tujuan atau berhasil mewujudkan keinginan. Keberhasilan dalam Tuhan tidak sekedar diukur berdasarkan angka – angka buku Tabungan, uang yang kita peroleh, kekayaan yang kita miliki, gelar mentereng yang kita raih. Keberhasilan dalam Tuhan adalah tahan uji melewati tantangan hidup. Tahan Uji dalam Pelayanan. Tahan Uji di tengah badai kehidupan. Para murid Yesus telah mengalami sendiri bahwa mengandalkan kemampuan dan pengalaman pribadi tidaklah cukup untuk mencapai keberhasilan. Taat dalam iman kepada Kristus adalah kunci keberhasilan kita. Tuhan memberkati.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "KUNCI KEBERHASILAN HIDUP (Yohanes 21:1-14)"

  1. Amin. Tuhan adalah sumber segalanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ... Terima kasih sudah berkunjung ke BLOG DEAR PELANGI. Tuhan memberkati.

      Hapus
  2. Amin....🙏🙏🙏👍❤️

    BalasHapus
  3. terima kasih Ibu Pendeta untuk renungan motivasioalnya. Jika tidak keberatan bisa berbagi no Wa ke saya Pdt Rudy Rahabeat 082112138822 dari GPM. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syalom. Baik, pak Pendeta, saya kirimkan via WA.
      Selamat hari Minggu. Selamat Melayani. Tuhan berkati.

      Hapus

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

KEBANGKITAN KRISTUS PENGHARAPAN DUNIA (Lukas 24:36-49)

ABOUT ME

Foto saya
Sorong, Papua Barat Daya, Indonesia
Menemukan PELANGI dalam hidup sendiri dan menjadi PELANGI di langit hidup sesama. Like and Subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed