KASIHILAH TUHAN DAN LAKUKAN PERINTAHNYA (Ulangan 6:4-5)


TATA IBADAH PAGI/MALAM
Bulan Bina Keluarga GKI di Tanah Papua
Jumat, 12 Juli 2019

Persiapan : Keluarga duduk dalam lingkaran meja lilin di tengah Lilin dinyalakan oleh Ibu
Seorang Remaja : (mengajak) semua, Bapak, Ibu, Kaka, Adik berdiri sambil bergandengan tangan, mari kita bernyanyi bagi Tuhan

Ny. Suara Gembira  No. 2 : 1 dan 3  “Ting-Ting-Ting”
Ting-ting-ting gemerincing lonceng perak suaranya
Lagumu yang merdu, anakku kau nyanyilah

Ingatlah kasihNya  jangan hatimu gelap
Jadi t’rang dan senang kar’na kasih-Nya tetap

Ny. Suara Gembira  No. 19  “Anak Satu Bapa”
Anak satu Bapa. Gandeng tanganmu,
 Apa juga kampung atau tanahmu !
Banyaklah bahasa dan perbedaan
Anak satu Bapa kita sekalian

Nyanyian Rohani 147 : 1  “Kuasa-Mu ya Pengasihan”
Kuasa-Mu, ya Pengasihan di dalam Yesus kusembah.
Anugerah-Mu pemberian yang tidak ada taranya.
'Kubuang sangsiku semua dan menyelam di laut-Mu jua.

Doa Pembukaan dan Pemberitaan Firman  :  (Berdiri)
Seorang Pemuda : Tuhan Yesus sahabatku, Guru dan Tuhan yang hidup dan berkuasa. Kami semua telah berdiri dalam lingkaran untuk menyambut Tuhan masuk dalam batin kami. Datanglah Tuhan masukilah hati, kami siap membuka pintu hati untuk mendengar firman-Mu. Amin. (Duduk)

Pembacaan Firman Tuhan dan Renungan :  Oleh Bapak

Renungan : ULANGAN 6 : 4 - 5
“KASIHILAH TUHAN DAN LAKUKAN PERINTAHNYA”
Perenungan (ayat 7)
Haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apa bila engkau duduk dalam rumahmu, apabila engkau sedang jalan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Keluarga yang dikasihi Tuhan Yesus,
Kasihilah Tuhan, ini adalah perintah Tuhan. Arti Kata “Perintah” adalah :
-                Perkataan yang bermaksud menyuruh melakukan sesuatu
-                Aturan dari pihak atas yang harus dilakukan

Bacaan kita saat ini; Tuhan menyuruh dan memerintahkan orang tua (Bapak) sebagai kepala keluarga, harus mengajarkan perintah Tuhan. Apa itu isi perintah Tuhan “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu”.

Mengapa perintah kepada orang tua? Sebab pendidikan dan pengajaran yang utama seorang anak itu ada dalam rumah, keluarga. Pembentukkan jiwa anak, pergaulan anak semua dari dalam rumah. Kalau orang tua (Bapak Ibu) sudah tidak tahu mengasihi Tuhan dan tidak takut Tuhan bagaimana mungkin anak-anak dapat bertumbuh dalam pengenalan Tuhan, dan sifat serta tabiat mereka tidak akan mengambarkan kasih Tuhan. Benar kata Yesus dalam Injil Lukas 6 : 44 Sebab setiap pohon di kenal pada buahnya. Juga dalam Matius 12 : 33 jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya... sebab dari buahnya pohon itu dikenal. Artinya karakter / tabiat, kelakukan dan kebiasaan dan seorang anak itu tergantung dari pohon (Bapak Ibu).

Sejauh mana peran Bapak, Ibu dalam ketaatan dan dengar-dengaran yang baik kepada Tuhan terjalin dan terukur dengan baik, dalam perilaku kasih kepada Tuhan akan turun dan berbuah baik lewat pendidikan kepada anak -  anak; misalnya mengajar anak sebelum tidur, untuk membaca alkitab dan berdoa juga pada waktu bangun pagi, sebelum makan berdoa, belajar atau sekolah. Melalui pengajaran ini dengan sendirinya tumbuh kembang menjadi sesuatu yang tertata dengan baik dalam pertumbuhan sampai dewasa.

Kewajiban orang tua berulang-ulang terus dalam pengajaran, sehingga anak-anak tidak menjadi hilang dari dalam keluarga. Dewasa ini banyak anak menjadi hilang dari dalam keluarga karena pengaruh miras, narkoba, seks bebas dan sebagainya. Apakah Tuhan tinggalkan anak-anak ini? jawabnya TIDAK.... ini semua karena kelalaian orang tua (Bapak) yang tidak mengajarkan dan menjadi contoh dan teladan sesuai dengan Firman Tuhan. Pada hal Firman-Nya haruslah berulang-ulang, engkau mengajarkan dan membicarakan, bila dirumah, bila jalan-jalan atau rekreasi atau bila mau tidur ini keharusan dan wajib. Semua kita harus mengasihi Tuhan dan melakukan perintah-Nya maka Tuhan akan mengangkat nama kita, keluarga kita, keberhasilan kerja kita untuk menjadi teladan bagi banyak orang. Tuhan memberkati Bapak sebagai keluarga yang diberkati. Amin

Nyanyian Persembahan “Rohani 16 : 1 dan 2”

Doa Syukur dan Syafaat  (Doa Bapa kami)  oleh Ibu

Berkat :
Anugerah yang bersumber dari Allah Bapa, Tuhan lita Yesus Kristus dan dari Roh Allah, yang hidup memberkati kita sekalian, Amin.
(Keluarga Saling berjabat tangan.... selamat malam)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KASIHILAH TUHAN DAN LAKUKAN PERINTAHNYA (Ulangan 6:4-5)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

DRAMA NATAL : ARTI NATAL

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain

Iklan

Display

Inarticle

Infeed