MENGHADAPI MASALAH BERSAMA TUHAN (I Samuel 17:40-54)


TATA IBADAH PAGI/MALAM
Bulan Bina Keluarga GKI di Tanah Papua
Kamis, 18 Juli 2019

Persiapan Ibadah : Nyalakan lilin

Nyanyian Pembukaan: Oleh Bapak Keluarga
Nyanyian Mazmur 133:1 "Alangkah Baiknya"
Alangkah baiknya duduknya saudara yang bersehati satupun bicara
yang sungguh kasih sayangnya. Berbagialah rumah itupun,
yang orangnya sehati bertekun; kudus persekutuannya.

Doa Pembukaan dan doa pembacaan Alkitab: Oleh ibu.
Ya, Tuhan sumber hikmat dan kehidupan. Kami bersyukur atas perlindungan-Mu yang kami alami dalam seluruh perjalanan hidup kami sebagai keluarga. Kami menyadari bahwa dalam setiap perjalanan ini kami membutuhkan Firman-Mu yang akan menuntun kami. Namun kami menyadari bahwa kemampuan kami terbatas untuk memahami Firman-Mu, karena itu kami mohon kehadiran-Mu dalam kuasa Roh-Mu yang kudus agar kami mampu memahami Firman-Mu. Berfirmanlah karena kami siap untuk mendengarkannya. Amin.

IV. Pembacaan Alkitab dan Renungan
Pembacaan Alkitab:  1 Samuel 17: 40-54 (oleh seorang anak)

Renungan: oleh bapak Keluarga

Tema:  “MENGHADAPI MASALAH BERSAMA TUHAN”
( 1 Samuel 17: 40-54 )

Daud adalah tokoh yang sangat terkenal dikalangan umat Israel. Sebelum menjadi raja di Israel, Daud sebenarnya adalah seorang yang biasa, tetapi karena kerendahan hati dan percayanya kepada Allah maka Daud menjadi seorang yang terkenal. Dikalangan raja-raja Israel, Daud memiliki integritas dan spiritualitas yang nampak dalam seluruh kehidupannya sebagai wujud dari iman percayanya kepada Allah.

Teks ini berceritera tentang Daud yang berperang melawan Goliat panglima perang pasukan Filistin. Pasukan Filistin yang dipimpin Goliat adalah pasukan yang tangguh dan memiliki alat perang yang lengkap sementara Daud hanya memiliki alat perang yang sangat sederhana yakni: tongkat dan batu kali. Walau demikian, Daud tidak merasa takut kepada pasukan Goliat, karena ia percaya bahwa Allahlah yang akan berperang melawan Goliat. Imannya terungkap jelas dalam ayat 45 – 47.

Dalam kehidupan kita seringkali kita berhadapan dengan masalah-masalah yang datang silih berganti. Kita berdoa, tetapi doa-doa kita sepertinya tidak dijawab oleh Tuhan. Kita putus asa lalu mencari jalan penyelesaian terhadap masalah kita dengan cara-cara yang bertentangan dengan kehendak Allah. Bahkan kitapun dapat menyangkali Allah karena beratnya masalah yang kita hadapi. Melalui teks ini, setiap keluarga Kristen hendaknya menyadari bahwa Allah kita adalah Allah yang mampu menyelesaikan masalah kita asalakan kita tetap percaya kepada-Nya dan menyerahkan masalah kita pada-Nya.

Dengan kesadaran iman akan Allah yang mampu membawa kita melewati masa-masa sulit, maka iman kita kepada Allah akan terus bertumbuh dan pengenalan akan Allah akan membawa perubahan bagi kehidupan kita dan cara pandang kita terhadap setiap masalah yang kita hadapi. Amin.

Nyanyian Persembahan Keluarga : Oleh seorang anak laki-laki
Ny.Rohani 86:1 dan 2 “Tahanlah dan Berjuang trus”
Tahanlah dan berjuang trus, dalam perjuangan kudus.
Kristuslah pokok kuatmu dan kemenanganmu tentu.

Maju tetap dan capailah, harta kehidupan baka.
Upah perjuangan berat, itu mahkota alhayat.

Doa syafaat dan berkat : Oleh Bapak  Keluarga.
Terimakasih Tuhan, atas FirmanMu yang telah kami baca dan renungkan dalam ibadah kami. Kami mohon kiranya FirmanMu memapukan kami melewati hari ini dalam tuntunamu sehingga hidup kami berkenan di hadapanMu. Berilah kiranya hidup kami sungguh-sungguh menjadi garam dan terang dimanapun kami berkarya. Agar oleh FirmanMu, hidup kami bermakna bagi sesama kami. Karena itu kami mohon berkatMu atas kehidupan kami. Semoga Allah sumber berkat dan kehidupan senantiasa menyertai kita sekalian. Amin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "MENGHADAPI MASALAH BERSAMA TUHAN (I Samuel 17:40-54)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

DRAMA NATAL : KRISTUS LAHIR DIHATIKU

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain

Iklan

Display

Inarticle

Infeed