NATAL : MENCARI YESUS DAN PERSEMBAHKAN YANG TERBAIK (Matius 2:1-12)


Sebagai manusia, selama kita berada dalam dunia ini, kita sedang berada dalam sebuah upaya : mencari. Mulai dari mencari makan, mencari pekerjaan, mencari jodoh dan lain sebagainya. Nah dalam pembacaan kita saat ini Matius 2:1-12, ada kisah tentang orang Majus yang mencari Yesus.

Orang - orang Majus ini mencari Yesus bukan sekedar untuk membuktikan kebenaran tanda alam yang mereka lihat melalui bintang. Tapi secara jelas pada ayat 2 bacaan kita disebutkan bahwa mereka mencari Yesus untuk menyembah Yesus. Hal ini sangat penting sebab tidak cukup hidup ini kita jadikan sebagai sebuah upaya untuk mencari. Yang terpenting adalah apa yang kita lakukan dengan apa yang kita cari itu. Jika kita mencari Yesus maka untuk apa Yesus di dalam hidup kita? Bicara soal mencari, orang - orang Majus dan Herodes sama - sama mencari Yesus. Tapi ada perbedaan yang sangat jelas antara maksud orang Majus dan Herodes dalam soal mencari Yesus. Orang Majus mencari Yesus untuk menyembah Yesus sedangkan Herodes mencari Yesus untuk membunuh Yesus.

Belajar dari kisah orang Majus ini, maka kita harus mencari Yesus dengan sungguh - sungguh dan menjadikan Yesus sebagai yang utama di hidup kita. Kita juga harus menjadikan Yesus sebagai yang kita sembah dan kita muliakan seperti yang dilakukan para Majus. Para Majus menempuh perjalanan yang jauh, perjalanan yang melelahkan tapi mereka jalani demi mencari Yesus. Orang - orang Majus ini sudah pasti punya segalanya (harta, ilmu dan kedudukan), tapi masih ada yang lebih penting dari apa yang mereka miliki yaitu menjumpai Yesus, menyembah Yesus dan memberi persembahan terbaik kepada Yesus : Emas, Kemenyan dan Mur.

Hari ini kita merayakan Natal dan di tengah - tengah kita ada anak – anak yang dibawa kepada Tuhan untuk menerima sakramen pembaptisan Kudus, pesan Firman Tuhan bagi kita saat ini adalah.

Pertama, melalui Natal Yesus Kristus, Yesus telah terlebih dahulu mencari kita. Ia datang menjadi manusia dan terlahir di Betlehem. Ia mati disalibkan di Golgota. Ia datang untuk mencari dan menyelamatkan kita dari dosa. Kalau Yesus mencari  kita maka janganlah jauh dari Yesus. Anak - anak kita juga mesti ada dalam rangkulan cinta dan berkat Tuhan. Anak - anak kita hari ini dibaptis dan akan dimeteraikan dalam kekudusan nama Allah maka merekapun mendapat bagian sebagai ahli waris kerajaan Allah. Sebagai orang tua kita punya tanggung jawab untuk membawa anak - anak kita kepada Yesus. Anak - anak sesungguhnya mengikuti teladan orang tua. Jika orang tua rajin ke gereja maka anakpun demikian. Ada kata bijak : anak yang dididik dalam cinta kasih akan bertumbuh menjadi anak – anak yang tahu mengasihi dan menghargai. Anak yang dididik dengan makian akan tumbuh menjadi anak yang lekas marah. Kalau Yesus sudah menyatakan cintaNya bagi kita maka sambutlah cinta Yesus itu, jangan membalas cinta Tuhan dengan cinta yang bertepuk sebelah tangan. Didiklah anak - anak dalam pengenalan dan takut akan Tuhan.

Kedua, apakah dalam hidup ini kita senantiasa mencari Yesus? Kenyataan dalam hidup, banyak orang lebih suka mencari kesenangan dunia. Banyak orang mencari kekayaan dengan tidak pernah merasa puas lalu menjadi serakah. Banyak orang mencari kenikmatan tanpa kenal batas. Termasuk dalam merayakan Natal dan Tahun Baru dengan pesta pora mabuk - mabukan. Ingatlah saudaraku, janganlah kita mencari sesuatu di dunia ini yang membuat kita binasa. Seperti sayir lagu Sekolah Minggu : cari apa di dalam dunia, cari dunia tentu binasa, lebih baik, cari Yesus yang penuh cinta.

Ketiga, jadikan Yesus yang utama dalam hidup dan senantiasa persembahkan yang terbaik bagi Yesus. Kadangkala kita lebih mengutamakan hal - hal duniawi dari pada mempersembahkan yang terbaik bagi Yesus. Firman Tuhan hari ini mengajarkan kita bahwa jika orang Majus yang bukan Yahudi itu saja dapat menyembah Yesus dan mempersembahkan yang terbaik bagi Yesus. Bagaimana dengan kita ? Persembahkanlah yang terbaik bagi Yesus. Selamat merayakan Natal dan Tahun Baru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "NATAL : MENCARI YESUS DAN PERSEMBAHKAN YANG TERBAIK (Matius 2:1-12)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

TATA IBADAH NATAL UNTUK PEMUDA

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain

Iklan

Display

Inarticle

Infeed