PESAN PASTORAL BP Am Sinode GKI Di Tanah Papua untuk PEMILU 2019


Besok, Rabu 17 April 2019 akan berlangsung pesta Demokrasi Pemilihan Umum yang digelar serentak di Indonesia. Perjalanan bangsa Indonesia 5 tahun ke depan akan ditentukan oleh pilihan rakyat. Rakyat akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD. Siapa yang dikehendaki Tuhan untuk memimpin bangsa ini ditentukan melalui pilihan rakyat. Siapa yang mewakili aspirasi rakyat di Lembaga Legislatif juga ditentukan juga melalui pilihan rakyat.

Sebagai rakyat, kita tidak sekedar asal memilih. Betapa pentingnya bergumul dengan kehendak Tuhan sebelum kita menentukan pilihan kita. Jika kemarin saya telah bagikan Pesan Pastoral Persekutuan Gereja – gereja di Indonesia (PGI) untuk Pemilu 2019 maka hari ini saya bagikan Pesan Pastoral Badan Pekerja Am Sinode GKI Di Tanah Papua untuk Pemilu 2019 yang sudah dibacakan di seluruh jemaat GKI Di Tanah Papua. Pesan ini diposting lagi pada blog DEAR PELANGI agar menjadi perenungan dalam pergumulan menentukan hak pilih kita. Kita percaya kehendak Tuhan akan dinyatakan bagi Indonesia dan bagi Tanah kita Papua. Selamat memilih.      
PESAN PASTORAL BADAN PEKERJA AM SINODE
GEREJA KRISTEN INJILI DI TANAH PAPUA
MENYAMBUT PEMILU, 17 APRIL 2019

Salam sejahtera dan Salam prapaskah!
Pertama-tama,  marilah  kita  memanjatkan  puji  dan  syukur  kehadirat  Allah  yang  maha  kuasa didalam Yesus Kristus yang sudah menderita, mati disalib dan bangkit bagi keselamatan kita semua serta dalam tuntunan RohNya yang kudus, yang senantiasa memimpin Gereja Kristen Injili DiTanah Papua untuk terus maju dan berkarya dalam pelayanan sebagai bagian dari pekerjaanNya dan bukti Iman kita kepadaNya.

Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan kami, Badan Pekerja Am Sinode GKI Di Tanah Papua, menyampaikan salam hormat dan terima kasih kami kepada saudara-saudara sekalian yang selalu setia dalam persekutuan, pelayanan dan kesaksian melalui GKI Di Tanah Papua, dengan harapan saudara-saudara selalu diberkati dalam kesehatan, kekuatan untuk menjalani hari-hari hidup ditengah tugas, kerja, juang dan gumul setiap hari. Harapan yang sama juga kiranya, saudara-saudara tetap ada dalam semangat persatuan dan kesatuan sebagai wujud kekompakan dalam menjalankan kewajiban panggilan pelayanan yang terus menerus tanpa henti-hentinya.

Badan Pekerja Am Sinode GKI Di Tanah Papua, terus menerus memikirkan dan menjabarkan segala pekerjaan pelayanan yang mengarah pada program dan kegiatan yang strategis, yang bertujuan untuk melakukan penataan agar terjadinya progres yang signifikan sebagai bukti dari perubahan yang berangsur-angsur terjadi.

Disamping itu pula, kita berupaya untuk menjadikan Gereja Kristen Injili Di Tanah Papua, sebagai Gereja yang semakin terbuka dan sanggup mengayomi serta mengakomodir seluruh bidang untuk dijadikan ajang menyalurkan ekspresi iman dan selalu berdoa bagi masa depan Negara dan Bangsa Indonesia secara umum dan khususnya Tanah Papua teristimewa seluruh warga GKI Di Tanah Papua.(Yer.29:7).

Badan Pekerja Am Sinode GKI Di Tanah Papua, juga telah mencermati perkembangan demi perkembangan yang terjadi akhir-akhir ini di aras Nasional maupun secara khusus di Tanah Papua, dimana nilai-nilai demokrasi dalam bernegara dan bermasyarakat semakin melemah dengan hadirnya penyebaran ujaran kebencian dan berita bohong serta politisasi Suku, Ras, Agama dan Golongan, juga masalah-masalah yang terjadi disekitar kita, dengan hadirnya aksi-aksi demontrasi yang menutut diadilinya seseorang ataupun kelompok, marilah dengan kerendahan hati, kita serahkan pada koridor hukum positif yang berlaku sambil kita mengikuti dan mengawal proses tersebut hingga tuntas.

Di depan mata kita, ada tantangan sekaligus juga sebagai peluang baru yang harus kita sambut dengan sukacita dan penuh kegembiraan yaitu Pesta demokrasi, sebagai agenda Nasional untuk terselenggaranya Pemilihan Umum Presiden dan wakil Presiden Republik Indonesia disamping itu pula adanya pemilihan Anggota-anggota Parlemen/legislatif baik ditingkat Pusat DPR RI, PPD Pusat maupun DPR tingkat Propinsi, Kota dan Kabupaten yang akan berlangsung tanggal 17 April 2019. Untuk kesemuanya ini, Badan Pekerja Am Sinode mengajak kepada seluruh Komponen Warga GKI Di Tanah Papua, untuk marilah kita bersama-sama saling mengajak setiap warga GKI DI Tanah Papua yang memiliki Hak Politik/Hak untuk memilih, untuk kita manfaatkan sebaik-baiknya sebagai bukti warga Gereja yang baik, sekaligus warga Negara yang bertanggung jawab,  Warga GKI Di Tanah Papua harus memainkan peran aktif karena itu tidak dibenarkan untuk “tidak memilih/Golpot” bagi mereka yang memiliki hak untuk memilih, sebab satu suara berarti turut menentukan perjalanan bangsa ini dan khususnya bagi GKI Di Tanah Papua. Begitu juga dalam hal mengakomodir, untuk tidak mudah menerima suap ataupun dengan menghalalkan segala cara, melainkan bantulah untuk hal yang “baik dan benar” sebagai bentuk kepedulian dan pemberian diri agar pemilu berlangsung dengan Aman, tertib dan terjaga. Dukunglah saudara-saudaramu warga GKI Di Tanah Papua agar segala yang menjadi rancangan dan rencana menjadi kontribusi kita bersama untuk memajukan daerah/ tempat dimana kita berdomisili,

Kepada seluruh Badan Pekerja Klasis dan Bakal Klasis, agar secepatnya mengontrol persiapan-persiapan di setiap jemaat yang terlibat untuk mempersiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bersama dengan Majelis Jemaat membantu segala sesuatu yang dibutuhkan ditingkat Distik,Kelurahan/Kampung dan pastikan semuanya telah disiapkan dengan baik.

Kepada para kompetitor dalam pemilihan Legislatif yang adalah warga GKI Di Tanah Papua, Badan Pekerja Am Sinode meminta untuk terus berkompetisi secara cerdas dan santun,serta trasnparan Jika terpilih nantinya selalulah bersyukur dan jika belum terpilih harus lebih banyak bersyukur sehingga menjadi “bara api yang menumpuk diatas kepalamu” (Roma.12:20). Demikian juga kepada warga GKI Di Tanah Papua, Badan Pekerja Am Sinode mengajak untuk menentukan pilihan secara cerdas dan santun pula, hanya kepada anak-anak Tuhan, anak-anak GKI Di Tanah Papua yang sementara berkompetisi untuk mendapatkan kursi legislatif.

Marilah kita dukung dalam Doa dan pergumulan kita bersama, semoga Pemilihan umum yang akan berlangsung tanggal 17 April 2019, dapat berjalan dengan aman, tenang dan terkendali.

Kepada warga GKI Di Tanah Papua yang dipercayakan sebagai penyelenggara pemilu; KPU/BAWASLU/ PANWAS di seluruh Tanah Papua, Badan Pekerja Am Sinode terus berdoa dan berharap agar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab benar-benar sebagai seorang yang profesional dan bertanggung jawab, jujur, adil / tidak memihak dan transparan, karena masa depan demokrasi juga tergantung pada integritas, kejujuran dan komitmen saudara-saudara.

Kepada Warga GKI Di Tanah Papua sebagai Aparat Keamanan; Badan Pekerja Am Sinode sangat bangga melihat kinerja yang sudah dilakukan, dan memberikan apresiasi serta terus berdoa agar saudara-saudara dapat menjalankan tugas dengan baik, sehat sehingga pemilu dapat berlangsung dengan kondusif, aman dan terntram bagi seluruh warga, terutama bagi mereka yang akan menggunakan hak pilihnya.

Mengakhiri seruan Pastoral Badan Pekerja Am Sinode GKI Di Tanah Papua, maka perkenankan kami mengingatkan kembali sebagai berikut :

PERTAMA,
Mari kita galang persatuan dalam semangat Persekutuan Orang Percaya sebagai warga GKI Di Tanah Papua, dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Pemilihan Legislatif Pusat, Propinsi,Kota dan Kabupaten.

KEDUA,
Marilah kita sama-sama mengontrol dan membantu menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan pesta demokrasi agar berjalan, aman, tenang dan terkendali.

KETIGA,  
Marilah kita saling mengingatkan satu sama lain, untuk menggunakan hak pilih sebaik mungkin, secara khusus, Keluarga dan warga GKI Di Tanah Papua yang ada di wyk-wyk masing-masing dalam satu jemaat.

KEEMPAT,
Mari kita bantu pengawalan/pemantauan hasil perhitungan suara agar tidak terjadi kecurangan maupun penggelembungan suara yang seringkali menjadi konflik kepentingan.

KELIMA,
Berdoalah terus untuk hak pilih yang telah kita ambil, semoga Tuhan Yesus Kepala Gereja berkenan untuk memberikan anak-anaknya mengawal dan memimpin Negeri ini secara arif dan bijaksana.

Akhirnya dengan penuh syukur kepada Tuhan Yesus Kristus Kepala Gereja Kristen Injili Di Tanah Papua, seruan pastoral ini, dapat dijadikan acuan bersama guna mewujudkan GKI Di Tanah Papua, sebagai Gereja yang menjalankan misinya bagi Tuhan dan sesama.

BADAN PEKERJA AM SINODE
GEREJA KRISTEN INJILI DI TANAH PAPUA

PDT. ANDRIKUS MOFU, M.Th (Ketua) 
NPP. 01 01061992 0284 

PDT. DANIEL J. KAIGERE, S.Si (Sekretaris) 
NPP. 01 01041993 0351

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "PESAN PASTORAL BP Am Sinode GKI Di Tanah Papua untuk PEMILU 2019"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

TATA IBADAH AKHIR TAHUN 1 ( MALAM KUNCI TAHUN)

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain. Visit & subscribe my youtube: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed