TATA IBADAH AKHIR TAHUN 1 ( MALAM KUNCI TAHUN)


PERSIAPAN

PUJIAN UMAT
Nyanyian “Kudatanglah” (Berdiri)
Kudatanglah kudatanglah di tengah sibuk dan kerja
Kudatanglah dan berdoa didepan-Mu ya Allahku
Di tengah g’nap pencobaan, jiwaku susah dan lelah
Penghiburan kudapatlah diwaktu aku berdoa

Kudatanglah kudatanglah pada-Mu nyata kasih-Mu.
Kudatanglah dan berdoa ampunkan s’mua salahku
Bersabda Bapa padaku, nyatakanlah kehendak-Mu
Dan pimpinku dijalan-Mu sekarang dan selalu t’rus

MARI MENGHADAP TUHAN
P : Hari demi hari berlalu, beranjak dengan pasti. Peristiwa demi peristiwa menghiasi panggung kehidupan di dunia ini. Ada suka dan ada duka, ada sukses dan ada gagal, ada yang bertemu dan ada yang berpisah, ada yang pergi namun ada yang datang, ada untung dan ada rugi. Itulah irama kehidupan yang bergulir seiring putaran sang Waktu.
J : Hari demi hari telah kami jalani, melangkah bersama Tuhan menempuh 365 hari sepanjang tahun ini, sampai tiba pada malam terakhir tahun ini.
P : Sesungguhnya, Tuhanlah yang telah menyertai kita melewati suka dan duka kehidupan di tahun ini. Marilah datang kepada Tuhan dan dengarkanlah suara-Nya. Sebab lebih baik satu hari dipelataran rumah Tuhan daripada seribu hari di tempat lain.
P  +  J : Ya Tuhan... inilah kami anak – anakMu yang datang menyembah, memuji dan mensyukuri kasihMu. Rangkullah  kami dalam pelukan damaiMu agar kami aman, damai dan selamat melewati detik – detik waktu, meninggalkan tahun .... sampai memasuki tahun rahmat Tuhan yang baru tahun .....

TAHBISAN DAN SALAM
P : Dengan segenap hati, jiwa dan raga, kami siap beribadah dan bersyukur bagi-Mu di akhir tahun 2010 ini. Dan sesungguhnya Ibadah Jemaat di akhir Tahun ini ditahbiskan di dalam nama Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus. “Kasih karunia dan Damai sejahtera menyertai Jemaat sekalian”
J  :  Terpujilah Nama Tuhan. Haleluyah!
P  +  J : Amin!  (Duduk)
      
PUJIAN UMAT 
Nyanyian Rohani 107: 1, 3 “KepadaMu ya Tuhan Jua”
KepadaMu ya Tuhan Hua, syukur di nyanyian petang
T’rang matahari masuk jua, Engkaulah yang tetap terang
Sehari – harian betapa, besar karunia sayangMu
Yang melampaui sayang bapa, Ya Tuhan pokok hidupku

Ku Tahu siang malam siapa, pelindungku dan harapku
‘Ngkau batu karangku ya Bapa, sandaran yang tetap teguh
Dan pada malam kesudahan perjalanan kehidupan
Kar’na segala hari Tuhan, ku b’ri syukur dan pujian

PERENUNGAN DI AKHIR TAHUN
P : Ya Tuhan.... Pada malam ini, dipenghujung tahun …, kami datang di Bait-Mu yang kudus. Kami hentikan langkah sejenak, berdiam diri, berteduh hati, mengulas rasa dan mengucap doa, membawa hidup dengan sederet kisah.
J : Malam ini... ada kami yang datang dengan hati yang tergores luka karena persoalan silih berganti tak ada habisnya.
P : Ada kami yang datang dengan hati yang kecewa sebab kedamaian yang dicari tak kunjung nyata.
J : Ada kami yang datang dengan kecemasan, keraguan dan kebimbangan tentang hari esok. Seribu tanya menanti di ujung sana, akankah harapan menjadi kenyataan???
P  :  Dunia ini tak dapat memberi kepastian bagi kami karena kemelut yang terus-menerus melilit. Bencana menerjang alam tanpa kompromi. Yang tersisa hanya rintihan dan isak tangis anak negeri di tengah berbagai kehilangan. Masalah-masalah politik yang menekan tanpa pandang bulu. Penyakit ganas menular tanpa ampun. Peperangan, perseteruan tapi juga kemiskinan masih menjadi wajah dunia kami.
J : Ada banyak kisah tapi tak dapat terucapkan oleh kata. Kisah yang memilukan. Kisah yang memprihatinkan. Kisah yang mencoreng hakikat kami sebagai gambar Allah yang mulia.
P : Hanyalah Tuhan yang dapat memberi kepastian bagi kita. Tuhan adalah Afa dan Omega: Yang Awal dan yang Akhir. Segala sesuatu ada dalam genggaman Tangan-Nya yang penuh Kuasa. Sebab itu, pada malam ini, sebelum tahun .... bergulung pergi bersama waktu, kami memohon:
P +  J : Ya Tuhan ampunilah segala dosa kami. Kasihanilah kami menurut Rahmat-Mu yang besar. Baharuilah seluruh kehidupan kami dan pimpinlah kami pada jalan-jalan-Mu yang ajaib. Amin
   
PUJIAN UMAT
Nyanyian Rohani 101: 1 “Luruh Bunga Layu Daun”
Luruh bunga layu daun, rupa dunia fana
Lalu bulan lewat Tahun, buru – buru larinya
Meski kami mengalami peringatan pun lenyap
Kami rasa utang kami, Tuhan FirmanMu tetap

RAHMAT ALLAH YANG MENDAMAIKAN
P : Tuhan Allah yang hidup itu, telah merahmati kita dari awal hingga dipenghujung tahun ini. Hari ini, Ia menyatakan rahmatNya dalam sabda:  Aku telah menghapus segala dosa pemberontakkanmu seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup, kembalilah kepadaKu sebab Aku telah menebus Engkau. Amin

PUJIAN UMAT
Nyanyian Rohani 101:3,5 “Luruh Bunga Layu Daun”
Bukannya kepada masa, kugantungkan nasibku
Bapaku yang Mahakuasa, ku percaya janjiMu
Dalam susah apa juga, rasa hatiku teduh
Engkau Bapaku di Sorga, oleh Yesus anakMu

Biar tahun berturut-turut dengan isinya lenyap
Kesukaan hidup surut, rahmat Allahku tetap
Biar sunyi jalan ini, ku dibimbing tanganNya
Ku memandang dari sini, tanah airku baka

DOA DAN PEMBACAAN ALKITAB

SYUKUR DIAKHIR TAHUN
P : Setahun sudah kita hidup, setahun sudah kita makan dan minum dari berkat Tuhan. Setahun sudah kita menghirup nafas kehidupan milik Allah dengan Cuma-Cuma. Setahun sudah kita menikmati hasil hutan, tanah, bumi bahkan hasil laut dengan limpah ruah, sekarang marilah kita datang membawa PERSEMBAHAN yang terbaik  bagi Tuhan di akhir tahun ini.
P  +  J : Menyanyi Nyanyian Rohani 76: 1- 6 “TUHANKU, BERKATMU LIMPAH”

DOA PERSEMBAHAN

KHOTBAH AKHIR TAHUN

PENGAKUAN IMAN ( Berdiri)

DOA SYAFAAT

PUJIAN UMAT 
Nyanyian Pujian  “Tiap Langkahku” (berdiri)
Tiap langkahku diatur oleh Tuhan
Dan tangan kasih-Nya memimpinku
Di tengah g’lombang dunia menakutkan
Hatiku tetap tenang teduh
Reef:     
Tiap langkahku ku tau Tuhan yang pimpin
Ke tempat tinggi ku dihentar-Nya
Hingga sekali nanti aku tiba
Di rumah Bapa Sorga yang Baka

Di waktu imanku mulai lemah
Dan bila jalanku hampir sesat
Ku pandang Jurus’lamatku yang Esa
Aku kuat sebab Tuhan dekat
Reef:
Tiap langkahku ku tau Tuhan yang pimpin
Ke tempat tinggi ku dihentar-Nya
Hingga sekali nanti aku tiba
Di rumah Bapa Sorga yang Baka

PENGUTUSAN DAN BERKAT
P : Meskipun hari ini akan berlalu dan tahun ini juga akan berlalu. Tahun …. ini akan pergi dengan sejuta kenangan dan tahun …. akan datang dengan sejuta harapan. Suatu saat, bumi inipun akan berlalu. Tetapi Kasih Tuhan tak pernah berubah kemarin, hari ini dan selama-lamanya. Janji Tuhan tak pernah terlambat digenapi. Di dalam genggaman tangan kasih-Nya, Gembala kita yang Agung, kita melangkah dengan iman meninggalkan tahun … dan kita songsong tahun rahmat Tuhan yang baru.
J : Ya Tuhan... Kaulah Pelindungku, bersama-Mu tenang hatiku. Kuyakin kuasa-Mu menuntun setiap langkahku. Walau angin ribut dan topan menderu. Tak akan ku takut sebab Tuhan adalah Nakhodaku.
P : Pulanglah dengan sejahtera dan terimalah berkat Tuhan: KASIH KARUNIA TUHAN YESUS KRISTUS DAN KASIH ALLAH DENGAN PERSEKUTUAN ROH KUDUS MENYERTAI KITA SEKARANG SAMPAI SELAMA – LAMANYA.
P   +  J : AMIN... AMIN... AMIN!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "TATA IBADAH AKHIR TAHUN 1 ( MALAM KUNCI TAHUN)"

  1. Balasan
    1. Hai Sahabat DEAR PELANGI Marlina L.B, terima kasih telah mengunjungi blog ini. Mohon maaf memang artikel blog telah disetting agar tidak bisa dicopy paste untuk menghindari oknum - oknum yang nakal karena copypaste artikel kemudian pakai di blog lain lalu blog asli bisa kena pinalti dari Google. Tapi jika sahabat DEAR PELANGI membutuhkan artikelnya silahkan mengontak saya via email: dhiansi@yahoo.co.id, saya dapat mengirim artikel yang dibutuhkan sahabat DEAR PELANGI. Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

      Hapus

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain. Visit & subscribe my youtube: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed