BERTEKUN DENGAN SEHATI DALAM DOA (Kisah Para Rasul 1:12-14)

Menanti kadang menjengkelkan, apalagi menanti tanpa kepastian. Menunggu katanya hal yang membosankan, apalagi menunggu tanpa kejelasan. Tapi para murid Yesus menanti janji Tuhan yang pasti. Yang sedang ditunggu, itu jelas dan pasti yaitu Roh Kudus. Para murid tidak menanti janji Tuhan dengan bertopang dagu, mereka tidak berdiam diri atau mengurung diri. Mereka menanti janji Tuhan dengan penuh semangat dan mereka bertekun dengan sehati dalam doa. Tema Khotbah kita hari ini adalah: “Bertekun dengan sehati dalam doa”.

 

Para murid mengalami proses perubahan. Saat kematian Yesus, mereka putus asa, ketakutan, kehilangan harapan dan tercerai berai. Saat Yesus terangkat ke Sorga mereka terpaku menatap ke langit. Mereka meminta Yesus memulihkan kerajaan bagi Israel. Tapi sesudah Yesus terangkat ke Sorga, para murid diubahkan lagi secara total. Para murid itu kembali ke Yerusalem, baik laki – laki maupun perempuan menjadi sehati. Mereka sehati dalam hal apa? Bukan dalam hal melawan pemerintah Romawi, bukan dalam hal menunjukan kehebatan kepada pemimpin Yahudi. Tapi mereka sehati bertekun dalam doa. Kata bertekun (Yunani: “proskatereo”) artinya rajin, bersungguh – sungguh, menghabiskan banyak waktu. Jadi mereka satu hati, memanfaatkan waktu untuk saling mendoakan, saling menasihati, saling menguatkan.  Masa menanti janji Tuhan adalah masa aktif, masa berbuat, masa berdoa, masa bertindak dan mereka beroleh kekuatan baru dalam persekutuan yang bertekun dengan sehati dalam doa. 

 

Apa pelajaran dari sikap para murid bagi orang percaya di masa kini? Mari menjadi persekutuan yang sehati. Sehati artinya bersatu hati. Seia sekata mencapai tujuan. Zaman ini, kesehatian semakin luntur dan pudar. Banyak rumah tangga Kristen yang hancur karena suami isteri tidak lagi sehati. Bersama tetapi tidak sehati. Persekutuan semakin suam karena kita sibuk dengan hal – hal dunia ini dan mengabaikan ibadah – ibadah. Konflik berkepanjangan dalam Gereja karena kurang rendah hati. Firman Tuhan menegor kita, Kristus menghendaki kita menjadi satu hati. Sehati bekerja membangun Gedung Serba Guna. Sehati melayani Tuhan. Sehati melaksanakan program – program pelayanan.

Mari menjadi persekutuan yang bertekun dalam doa. Doa adalah nafas kehidupan. Bertekun dalam doa harus menjadi gaya hidup orang beriman. Bertekun dalam doa berarti memberi tempat terpenting bagi doa dalam hidup pribadi, keluarga dan kehidupan berjemaat. Tetap berdoa dan beriman dalam keadaan apapun yang dialami. Bukan hanya berdoa tetapi juga bekerja dengan tekun dan setia.  

 

Ada satu pemuda, namanya Aco. Dia seorang yang malas tapi mempunyai khayalan yang tinggi. Aco ingin menjadi orang kaya. Ingin memiliki banyak uang tetapi tidak mau bekerja. Dia berpikir karena Tuhan itu Maha Kuasa jadi cukup berdoa saja maka keinginannya terwujud. Jadi Acopun berdoa: “Ya Tuhan, jadikan aku orang yang cuma dengan Kipas-Kipas saja uang mendatangiku!” Tuhan kabulkan doanya, Aco adi TUKANG SATE. Aco tidak puas, betul bahwa kerjanya kipas-kipas lalu uang datang dari pembeli. Tapi tidak langsung jadi kaya dan punya banyak uang. Maka Aco berdoa lagi: “Ya Tuhan, jadikan aku orang yang hanya dengan duduk goyangkan kaki bisa dapat uang”. Kemudian si Aco jadi TUKANG JAHIT. Ah ternyata itu bukan yang Aco mau, dia berdoa lagi: “Ya Tuhan.. jadikan aku orang yang hanya dengan duduk diam uang mendatangiku…!” Tuhan langsung jawab doanya, Aco jadi PENJAGA WC UMUM DI TERMINAL. Aco berkeluh: “Aahhh apa Tuhan ini salah mengerti?”  Toh Aco masih penuh harapan dan berdoa lagi. “Ya Tuhan, kali ini saja jadikan aku orang yang bisa memerintah orang kaya dan mengatur orang – orang kaya dengan leluasa. Tuhan menjawab, Aco JADI TUKANG PARKIR. Aco protes: “Aduuh Tuhan, kenapa salah terus?  jadikan hamba-Mu ini seorang yang Punya Banyak Pengikut, kemana pun hamba-Mu ini melangkah, pengikutku selalu mentaatiku. Dan Acopun menjadi GEMBALA BEBEK. Astaga masih salah lagi, si Aco masih belum puas, dia berdoa lagi. “Ya Tuhan, tolonglah, terakhir ini jadikan hambamu ini seorang yang senantiasa dikelilingi wanita-wanita!” dan Acopun menjadi TUKANG SAYUR KELILING. Tuhan menjawab doanya tapi bukan menurut keinginannya. Aco menjadikan doa seperti Kartu ATM, begitu dimasukan di mesin, pencet angka saja dan uang keluar. Seringkali kitapun tidak ada bedanya dengan Aco. Kita terus meminta dan meminta. Kita ingin Tuhan selalu memenuhi keinginan kita. Baik Aco maupun kita sekalian, mesti belajar mengubah cara pikirnya tentang doa. Jadi Acopun berdoa lagi: “Ya Tuhan, Ampunilah saya. Saya tidak memohon yang muluk – muluk lagi. Ajarlah aku mensyukuri hidup dan kerja yang Tuhan berikan sekarang”. Jawaban doa sering berbeda tapi dengan berdoa maka kita kuat, kita tahan uji, jika kita bersandar penuh kepada Allah. Dalam masa-masa menjelang perayaan Pentakosta marilah kita meneladani para murid Yesus dengan bertekun dan bersekutu dalam doa. Berdoa dan juga bekerja.

 

Seperti para murid yang menanti janji Tuhan. Gereja juga sedang dalam masa penantian. Kita sedang menantikan Kristus yang akan datang kembali pada kali yang kedua. Sekarang jemaat – jemaat di Waropen sedang menantikan berkat besar, agenda Tuhan di Waropen, Sidang Sinode XVIII. Apa yang kita lakukan? Menanti dengan bersantai saja? Menjadi seperti Aco, hanya berdoa saja tanpa bekerja? Tidak saudaraku. Mari kita menjadi pribadi – pribadi, keluarga – keluarga, dan persekutuan yang semakin aktif, semakin giat bersekutu, bersaksi dan melayani. Kerja dengan penuh semangat dalam Pembangunan dan usaha dana yang dilakukan. Kita berdoa memohon pertolongan Tuhan tapi kita mengerjakan bagian kita dalam iman dan Tuhan mengerjakan bagian Tuhan dengan cara Tuhan. Yang pasti Bpk/Ibu, jika kita bertekun dalam doa, bekerja dengan iman maka mujizatNya terjadi. Milikilah semangat dan kekuatan dalam persekutuan yang sehati dan tekun berdoa.  Selamat Hari Minggu, Tuhan memberkati. Amin.

 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "BERTEKUN DENGAN SEHATI DALAM DOA (Kisah Para Rasul 1:12-14)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

ABOUT ME

Foto saya
Sorong, Papua Barat Daya, Indonesia
Menemukan PELANGI dalam hidup sendiri dan menjadi PELANGI di langit hidup sesama. Like and Subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed