YESUS MEMANGGIL MANUSIA MENJAWAB (Markus 1:16-20)


TATA IBADAH DAN RENUNGAN KELUARGA
Kamis, 14 Mei 2020

Persiapan Ibadah
Tempat Persembahan disiapkan.
Lilin dinyalakan.

Pembukaan : Oleh Anak
Bersyukulah kepada Tuhan yang penuh kasih, karena oleh cinta dan sayangNya, kita bisa berkumpul kembali untuk beribadah di malam ini. Untuk memulai ibadah di malam ini,  disilahkan berdiri  dan  kita menyanyi dari dalam :  Ny. Rohani  No. 5 : 1 “Hai Makhluk Allah Hu Besar”
Hai makhluk Allah Hu besar, bernyanyilah dan bergemar
Haleluya, haleluya! Nyanyian baru angkatlah
Pujaan dari dunia, puji Allah sedekala
Haleluya, haleluya, haleluya

Doa Pembukaan :Oleh Anak
Syukur bagi Tuhan, Allah kami yang hidup, yang telah menjaga serta memelihara kehidupan kami dari pagi matahari terbit hingga sampai malam  ini. Kasih dan sayang Tuhan tidak pernah berkesudahan bagi kehidupan kami sehingga pada malam ini kami berkumpul untuk beribadah dan menyembahMu. Untuk itu kami peralaskan Ibadah di malam ini boleh jadi di dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus sang pemilik hidup kami. Amin. 

Pujian: oleh Anak
Mari kita memuji Tuhan sekali lagi dari dalam : Ny. Rohani No. 5 : 6 “Manusia Hai Turutlah”
Manusia hai turutlah, memuji pengasihanNya
Haleluya, haleluya! Segala kaum di dunia
Sebagai anak – anakNya, puji Allah sedekala
Haleluya, haleluya, haleluya (duduk)

Doa Baca Alkitab : Oleh Bapak.
Tuhan kami mau membaca dan merenungkan kebenaran firman-Mu, namun kami sadar sebagai manusia kami penuh dengan kekurangan dan keterbatasan untuk memahami kebenaran firman-Mu. Untuk itu kami memohon  berilah RohMu yang kudus memampukan kami dengan hikmat dan pengertian agar kami dapat memahami dan melakukan Firman yang kami baca serta kami renungkan saat ini. Di dalam nama Tuhan Yesus kami memohon. Amin.

Pembacaan Alkitab  :  “Markus 1:16–20” 
Renungan : “Yesus Memanggil,  Manusia Menjawab”

Dari dalam bacaan kita saat ini ada 2 bagian penting yang menjadi pelajaran rohani bagi kita. Pertama, kita belajar untuk memahami bagaimana  Yesus memanggil dan bagaimana jawaban manusia terhadap panggilan itu. Dari dalam narasi ini tidak menceritakan tentang jawaban dalam bentuk kata-kata saja, melainkan sebuah jawaban yang disertai dengan Perbuatan dan Tindakan dari keempat murid yang dengan segera meninggalkan perahu dan jala mereka untuk mengikuti Yesus.

Berbicara mengenai panggilan berarti berbicara mengenai Perbuatan dan Tindakan sebagai respon terhadap panggilan itu. Dari dua hal ini kita sama-sama belajar bahwa sebagai orang percaya kita perlu memiliki karakter dan sifat yang peka artinya suatu karakter dan sifat yang tidak lalai. Karakter dan sifat yang siap menerima serta mau bergerak untuk merespon panggilan Tuhan. Untuk itu ada 4 karakter dan sifat yang harus dimiliki dalam setiap keluarga Kristen untuk merespon akan panggilan Yesus bagi kita saat ini, yaitu :  1). Dengar – dengaran akan panggilan Yesus. 2). Setia mengikuti panggilan-Nya. 3). Taat dan Setia serta 4). bertanggung jawab untuk memprioritaskan Yesus dalam hidup ini.

Jawablah panggilan Yesus bukan dengan kata-kata, melainkan dengan Perbuatan dan Tindakan taat dan setia melakukan dan memberitakan kebenaran FirmanNya. Dalam masa Pandemi Covid 19, banyak tindakan kemanusiaan dapat kita lakukan untuk mewujudkan perbuatan merespons panggilan Tuhan. Kita adalah tangan dan hati Allah yang mewujudkan kasih bagi dunia dan sesama yang menderita saat ini. Ketika kita taat dan setia merespons panggilan Tuhan maka hidup kita diubah dan di selamatkan oleh Kasih dan sayangNya. Amin. 

Persembahan : Nyanyian Kidung Jemaat  355:1   “Yesus Memanggil”
Yesus memanggil mari seg’ra, ikutlah jalan s’lamat baka
Jangan sesat dengar sabdaNya, hai marilah seg’ra
Reff: Sungguh nanti kita kan senang, bebas dosa hatipun tentram
Bersama Yesus dalam terang di rumah yang kekal

Doa Syafaat : Oleh Ibu.  Doa Bapa Kami (bersama-sama)

Menyanyi  : Nyanyian Kidung Jemaat  355:2,3  “Hai Marilah, Kecil dan Besar … ” (ayat 3 berdiri)
Hai marilah kecil dan besar, biar hatimu girang benar
Pilihlah Yesus jangan gentar, hai mari datanglah
Reff: Sungguh nanti kita kan senang, bebas dosa hatipun tentram
Bersama Yesus dalam terang di rumah yang kekal

Berkat : Oleh Ibu.
“Kiranya Anugerah, Selamat dan Sejahtera dari Allah menyertai dan memelihara kehidupan kita dari saat malam hari ini terus kekal dan sampai selama-lamanya. Amin.”

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "YESUS MEMANGGIL MANUSIA MENJAWAB (Markus 1:16-20)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

BERKAT KENAIKAN YESUS KRISTUS (Lukas 24:50-53)

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain. Visit & subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed