KESELAMATAN HANYALAH DARI TUHAN (Zakharia 10:3-12)


TATA IBADAH DAN RENUNGAN KELUARGA
Selasa, 19 Mei 2020

Persiapan Ibadah
Tempat Persembahan disiapkan.
Lilin dinyalakan.

Pembukaan : Oleh Bapak
Disilahkan berdiri dan kita menyanyi Nyanyian Rohani 3:1  “Hormat Bagi Allah Bapa”
Hormat bagi Allah Bapa, hormat bagi anakNya
Hormat bagi Roh Penghibur, ketiganya yang Esa
Haleluya, haleluya ketiganya yang Esa

Doa Pembukaan: Oleh Bapak
Tuhan Yesus yang penuh cinta, kami sebagai keluarga selalu mencintaiMu dalam hidup kami, dan rindu beribadah kepadaMu. Kami memohon kiranya Engkau beserta dengan kami. Terangilah hati kami dengan kuasa Roh KudusMu. Berilah kesanggupan untuk kami mengerti dan dapat melakuka kehendakMu dalam hidup kami. Dalam Nama Yesus kami memohon. Amin.

Pujian
Menyanyi : Nyanyian Rohani 3:3  “Haleluya, Persembahan”
Haleluya persembahan, bala kerajaanMU
Di letakkan siang malam di hadapan takhtaMu
Haleluya, haleluya, di hadapan takhtaMu (Duduk)

Doa Baca Alkitab : Oleh Ibu
Ya Tuhan, kami mau membaca FirmanMu, bri kami Hikmat agar memahami FirmanMu. Amin.

Pembacaan Alkitab :   “Zakharia 10:3-12” 

Pesan Firman Tuhan : Oleh Bapak
“Keselamatan Hanyalah Dari Tuhan”

Judul perikop pembacaan ini adalah pembebasan Israel dari kuasa-kuasa Asing. Tuhan melakukan pembebasan atas Israel karena Tuhan menyayangi Israel. Tuhan memberi jaminan kekuatan bagi Israel sehingga mereka akan bermegah dalam nama Tuhan (ayat 12). Pembebasan dan keselamatan yang dialami Israel hanya berasal dari Tuhan.

Dalam kehiduapan kita, banyak hal yang kita alami. Banyak musuh yang kita hadapi yaitu tantangan hidup, beban hidup dan berbagai persoalan hidup. Tapi kadang kita lari ke tempat lain untuk menyenangkan hati kita. Dan kesenangan yang kita peroleh hanya sesaat saja. Kesenangan itu bahkan membawa kita pada kehancuran dan penyesalan belaka tiada guna.Kita justru mengalami kebinasaan.

Tuhanlah yang membebaskan Israel dari bangsa “musuh”. Keselamatan hanyah dari Tuhan. Oleh sebab itu, Israel harus tetap mengingat Tuhan. Tuhanlah yang menjadi prioritas utama. Mari kitapun menjadikan Tuhan sebagai prioritas utama.  Meskipun banyak hal sedang kita hadapi meskipun persoalan hidup merenggut jiwa tetapi jangan lupa pada Tuhan. Libatkanlah Tuhan dalam hidup kita semua.

Bagaimana kita mau bermegah dalam nama Tuhan? Yakni dengan mempersembahkan diri ini kepada Tuhan.  Bagaimana mempersembahkan diri kepada Tuhan?  Lewat tindakan dan perbuatan kita setiap saat. Seluruh kehidupan kitalah yang mencerminkan kemegahan itu. Bangsa Israel sudah dibebaskan dari kuasa-kuasa asing maka kitapun pasti diberi kekuatan menjalani setiap persoalan hidup bahkan dalam kesulitan yang kita alami di masa pandemi Covid 19. Kita berharga dan istimewa di hadapan Tuhan. Tuhan menyayangi kita. Ia bersama kita di setiap persoalan hidup kita. Ia memberi keselamatan bagi kita.

Tuhan telah menyalamatkan kita dari dosa. Seluruh hidup kita adalah anugerah Tuhan. Pilihannya ada pada kita apakah mau hidup seturut kehendak Tuhan atau tidak. Hidup yang baik berarti melakukan kehendak Tuhan dan andalkan Tuhan. Pilihlah kehidupan dan kebaikan dari Allah agar kita mengalami keselamatan dan pembebasan. Amin.

Persembahan :  Nyanyian Rohani 129:1,2 “Karunia Baik Semua”
Karunia baik semua dan seg’nap hidupku
Pemb’rian Tuahn jua dan berkat tanganMu
SetiaMu ya Bapa menjagai langkahku
Tak tersebut berapa besar anug’rahMu

Beri di dalam hamba terpasang kasihMu
Sedang bertambah – tambah setia hatiku
Kiranya ku gemari segala hartaMu
Dan janganlah kucari kekayaan semu

Doa Syafaat: Oleh Ibu
Segala puji dan syukur kami naikkan kepadaMu atas perlindungan dan penyertaan Tuhan dalam hidup ini. Kami serahkan hidup ini dan memohon agar Tuhan selalu menjaga dan selalu memberikan kekuatan serta kesabaran dalam menghadapi hidup ini. Sehingga dalam setiap peristiwa yang terjadi, kami menjalaninya dengan iman dan selalu mengandalkan Tuhan. Ini kami Tuhan, jawablah seruan dan doa kami. Amin.

Pujian
Menyanyi : Nyanyian Kidung Jemaat 402:1  “Kuperlukan Jurus’lamat”
Kuperlukan Jurus’lamat, agar jangan ku sesat
S’lalu harus kurasakan bahwa Tuhanku dekat
Reff: Maka jiwaku tenang, takkan takut dan enggan
Bila Tuhanku membimbing, ku di malampun tentram
                          
Berkat : Oleh Ibu
Semua disilahkan berdiri, marilah kita memohon berkat dari Tuhan dengan menyanyi bersama : Nyanyian Rohani 18  “Anugerah Tuhan Kami Yesus Kristus”
Anug’rah Tuhan kami Yesus Kristus, pengasihan Allah,
Persekutuan dengan Roh Kudus, kiranya menyertai kami. Amin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "KESELAMATAN HANYALAH DARI TUHAN (Zakharia 10:3-12)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

ABOUT ME

Foto saya
Sorong, Papua Barat Daya, Indonesia
Menemukan PELANGI dalam hidup sendiri dan menjadi PELANGI di langit hidup sesama. Like and Subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed