BERKAT KENAIKAN YESUS KRISTUS (Lukas 24:50-53)


Persekutuan yang dikasihi Tuhan,
Kata “berkat” sangat akrab di telinga kita orang Kristen. Tuhan rindu semua umatNya menerima berkat dalam kehidupan ini. Berkat adalah karunia Tuhan yang membawa kebaikan dalam hidup manusia. Itu sebabnya manusia sangat menginginkan berkat dari Tuhan, agar hidup manusia selalu di berkati. Dalam pembacaan ini, Yesus pun memberikan berkatNya  dengan memberkati murid-murid sebelum Ia terangkat ke sorga.

Persekutuan yang dikasihi Tuhan,
Injil Lukas memberi kesaksian, tentang Yesus yang terangkat ke sorga dan terpisah dari murid-muridNya. Dalam pembacaan ini, ada hal penting yang dilakukan oleh Yesus Kristus  sebelum Ia terangkat, yaitu :
Pertama, Yesus memberkati murid-muridNya lalu Ia terangkat ke sorga.
 Yesus membawa para murid ke luar kota sampai dekat Betania. Yesus mengangkat  tanganNya dan memberkati para murid. Ia pergi dengan meninggalkan berkat-Nya bersama para murid. Berkat yang di berikan Yesus adalah berkat tanpa akhir. Berkat yang dicurahkan Yesus adalah berkat yang kekal, yang terus mengalir dalam kehidupan para murid juga dalam tugas-tugas pengutusan mereka sebagai saksi. Berkat yang diberikan Yesus inilah yang menjadi jaminan bagi para murid untuk meneruskan pekerjaan yang besar di tengah dunia, sesuai dengan amanat Agung yang Yesus sampaikan.

Kedua, Respon para murid setelah menerima berkat dari Tuhan.
Walaupun peristiwa kenaikan Tuhan Yesus adalahmperistiwa perpisahan, tetapi ini bukanlah peristiwa yang menyedihkan. Ekspresi para murid menyatakan sikap penyembahan kepada Allah adalah suatu sikap tunduk, taat dan memuliakan Tuhan Yesus. Bahkan para murid pulang dengan sukacita. Mereka senantiasa    berada di dalam Bait Allah dan beribadah kepada Allah. Berkat kenaikan Yesus Kristus telah memberikan dampak bagi para murid yaitu mereka menjadi fokus pada tugas dan pekerjaan mereka.

Persekutuan yang dikasihi Tuhan,
Berkat yang telah diperoleh para murid bukanlah berkat sesaat. Tetapi berkat itu adalah berkat yang kekal. Oleh karena berkat kenaikan Yesus Kristus itulah, Gereja  Tuhan masih terus berkarya dalam dunia hingga saat ini, karena berkat Tuhan terus menerus dirasakan oleh Gereja dan para rasul. Dan dengan berkat itu juga umat dan para pelayan dapat melaksanakan tugas dan panggilannya dengan sukacita, rendah hati dan setia. Dengan kuasa dan berkat Tuhan ini, para pelayan dan pekerja gereja dikuatkan, dimampukan, serta  fokus pada tanggungjawab sebagai hamba Tuhan yang diutus dan diberkati oleh sang Kepala Gereja yaitu  Tuhan Yesus Kristus.

Bagaimana dengan kehidupan umat Tuhan sebagai saksi kebangktan Yesus Kristus? Berkat yang diterima para murid adalah berkat Tuhan bagi Gereja. Umat Tuhan juga mendapat bagian dalam berkat itu. Umat Tuhan juga menerima amanat dan tugas-tugas sebagai saksi peristiwa Yesus Kristus. Berkat Tuhan dan amanat untuk menjadi saksi bukan hanya ditujukan bagi hamba – hamba Tuhan saja. Karena itu, umat Tuhan juga harus dengan penuh sukacita hidup dan bersaksi tentang kebangkitan Yesus Kristus dalam setiap aspek kehidupan, kapanpun dan di manapun berada. Umat Tuhan juga harus bersaksi dan terus menjadi berkat bagi kehidupan persekutuan keluarga secara khusus, tapi juga dalam jemaat dan masyarakat. 

Umat Tuhan mesti senantiasa bertekun dalam persekutuan dengan Tuhan. Meskipun dalam masa Pandemi Covid 19, kita tidak beribadah bersama dalam Gedung Gereja, tetapi setiap keluarga membangun mezbah bagi Tuhan dalam rumah masing - masing. Pelayanan dan kehidupan bergereja terus menjangkau banyak orang dimulai dari keluarga masing - masing. Tetaplah bertekun dalam doa dan ibadah - ibadah kepada Tuhan. Tetaplah bertekun dalam aksi - aksi kemanusiaan untuk menyatakan kasih Allah bagi dunia. Itulah wujud kita menyalurkan berkat dari kenaikan Yesus Kristus di Sorga. Kita tidak akan mengalami kekurangan, kita tidak kehabisan berkat ketika kita hidup untuk berbagi dengan sesama.

Satu hal yang harus kita ingat adalah berkat Tuhan yang diterima dari Yesus Kristus. Berkat itu disediakan Tuhan bagi kita, berkat itu tidak bisa diambil dari kita, berkat itu akan ada terus menerus dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu teruslah menyaksikan karya kebangkitan Kristus. Tetaplah setia dalam persektuan dengan Tuhan. Muliakanlah namaNya senantiasa dan nikmatilah limpahan berkat Tuhan dalam hidup kita. A M I N. Selamat hari minggu. Tuhan memberkati. (Pdt.GAM)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "BERKAT KENAIKAN YESUS KRISTUS (Lukas 24:50-53)"

Posting Komentar

Hai, sahabat DEAR PELANGI ... silahkan memberi komentar sesuai topik dengan bahasa yang sopan.

YANG PALING BARU

BERKAT KENAIKAN YESUS KRISTUS (Lukas 24:50-53)

ABOUT ME

Foto saya
Waropen, Papua, Indonesia
Suka menulis dan selalu belajar hal-hal positif dalam diri orang lain. Visit & subscribe my youtube channel: DEAR PELANGI CHANNEL

Iklan

Display

Inarticle

Infeed